nusabali

Percantik Kota, Taman Median Jalan Dibenahi

  • www.nusabali.com-percantik-kota-taman-median-jalan-dibenahi

Sejumlah taman di wilayah kota Singaraja tahun ini kembali dipercantik Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimta) Kabupaten Buleleng.

SINGARAJA, NusaBali

Salah satunya median jalan di sejumlah titik di kawasan kota Singaraja dan pemeliharaan patung di beberapa taman jalan-jalan protokol.

Sekretaris Dinas Perkimta Buleleng, I Gede Melanderat menjelaskan penataan taman di wilayah kota Singaraja memang agenda rutin Dinas Perkimta. Di tahun ini Disperkimta Buleleng menganggarkan Rp 87 juta khusus untuk pemeliharaan taman. Yang menjadi fokus pemeliharaan tahun ini adalah tiga blok taman median Jalan Udayana tepat di depan GOR Bhuana Patra, taman median jalan Dewi Sartika Utara dan A Yani serta di Taman Soenda Ketjil, Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Buleleng.

“Pemeliharaan ini memang kami lakukan per tahap disesuaikan dengan anggaran yang ada. Tahun ini memang difokuskan perbaikan dan pemeliharaan di sejumlah median jalan untuk mempercantik wajah perkotaan,” kata Melanderat.

Selain penggantian tanaman juga dilakukan pemasangan lampu taman yang memberi kesan mewah dan menyejukkan mata. Lampu taman yang dipasang juga cukup variatif dengan membentuk pola-pola tertentu. Selain fungsi utamanya untuk penerangan di depan GOR Bhuana Patra.

“Khusus lampu taman kemarin memang ada usulan dari KONI yang memang di depan GOR itu penerangannya minim, ini juga kami pasang persiapan Agustusan nanti,” imbuh dia.

Selanjutnya Disperkimta juga berencana akan meninggikan dasaran taman di median jalan Udayana. Hal itu disebut Melanderat untuk menghindari serudukan truk-truk besar yang melintas, terutama saat pengalihan arus lalu lintas di event-event besar. Kerusakan dasaran taman median jalan akibat diseruduk truk disebutnya beberapa kali terpantau, di ruas jalan protokol karena diseruduk truk.

Pemeliharaan taman perkotaan juga mencakup perbaikan dan pengecetan sejumlah patung di ruas-ruas jalan protokol. Salah satunya pengecatan patung Panji Sakti di taman simpang Catus Pata Buleleng dan perbaikan patung sapi di taman pulau wilayah Kelurahan Banyuasri, Kecamatan/Kabupaten Buleleng.

“Itu kemarin kami juga terdampak bencana gempa, kaki patung sapi di Banyuasri patah dan terjatuh, hingga kami langsung lakukan perbaikan dan pemeliharaan. Termasuk taman median di Jalan Lingga, Banyuasri akan kami relokasi sementara sampai revitalisasi Pasar Banyuasri selesai, biar tidak rusak, tanamannya kami pindah ke A Yani dulu,” jelas dia.

Sementara itu dalam pemeliharaan taman di wilayah perkotaan Disperkimta juga bekerjasama dengan pihak ketiga melalui dana CSR. *k23

Komentar