nusabali

All English Final

  • www.nusabali.com-all-english-final

Tottenham vs Liverpool menjadi final Liga Champions kedua sesama tim Inggris. Pada 2008, Chelsea dan Manchester United (MU)  bertemu di laga final, di Moskow, yang dimenangi Setan Merah 6-5 lewat adu penalti, usai imbang 1-1 di waktu normal.

Spurs Jumpa Liverpool di Madrid

AMSTERDAM, Nusa Bali
All English Final.  Dua klub Liga Inggris akan berhadapan di final Liga Champions musim ini. Yakni, Liverpool yang sangat berpengalaman dan Tottenham Hotspur yang baru pertama lolos. Lolos lewat laga yang berakhir dramatis, Liverpool dan Tottenham akan berduel pada laga final di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Sabtu (1/6).

The Lilywhites lolos setelah secara dramatis menyingkirkan Ajax Amsterdam pada leg kedua semifinal di Johan Cruyff Arena, Kamis (9/5) dinihari WITA. Pada leg pertama di kandang sendiri, Tottenham kalah 0-1 dari Ajax. Tottenham makin tersudut ketika Ajax unggul 2-0 di babak pertama pada leg kedua.

Namun, secara luar biasa Tottenham membalikkan keadaan di babak kedua. Spurs melesakkan tiga gol melalui pemain sayap asal Brasil, Lucas Moura, sehingga mengubah kedudukan 2-3. Moura yang tampil sebagai striker, menjadikan Spurs unggul gol tandang.

Sehari sebelumnya The Reds membalikkan kekalahan 0-3 untuk membalas dengan menang 4-0 atas Barcelona. Liverpool pun melalui akun Twitter resminya mengirim pesan singkat pada Tottenham. Sampai jumpan di Madrid, Tottenham," cuit akun Twitter Liverpool.

Tottenham vs Liverpool akan jadi final Liga Champions kedua yang mempertemukan sesama tim Inggris. Pada tahun 2008 Chelsea dan Manchester United (MU) juga berduel di laga final, di Stadion Luzhniki, Moskow. MU keluar sebagai juara setelah menang adu penalti 6-5, usai kedua tim bermain imbang 1-1.

Laga puncak nanti juga final Liga Champions ke-9 untuk Liverpool, termasuk tahun lalu saat kalah dari Real Madrid. Dari 9 kali di final, Liverpool tampil lima kali sebagai juara (2005, 1984, 1981, 1978, 1977).

Sedangkan bagi Tottenham, ini debutnya di final Liga Champions. Spurs sebelumnya sudah meraih tiga gelar di Eropa, namun di Piala Winners (1962/1963) dan Piala UEFA (1971/1972 dan 1983/1984).

Namun hamper sebulan menjelang laga final Liga Champions, Liverpool sudah diunggulkan akan mengalahkan Tottenham. Kenyataan lain, suporter juga dihadapkan pada melonjaknya harga tiket pesawat London-Madrid dan Liverpool-Madrid di sekitar hari pertandingan, juga harga tiket masuk stadion serta harga hotel-hotel di sekitar Madrid.

Sedangkan dalam semua duel Tottenham vs Liverpool sepanjang sejarah, The Reds lebih diunggulan. Dari 32 kali laga kompetitif, Spurs menang 8 kali, Liverpool menang 15 kali dan 9 laga berakhir seri. Rata-rata gol The Lilywhites adalah 1,2 gol per laga, dan 1,7 gol per laga untuk The Reds. *

Komentar