nusabali

Putra Meghan dan Harry Tak Pakai Gelar Kerajaan

  • www.nusabali.com-putra-meghan-dan-harry-tak-pakai-gelar-kerajaan

Meghan Markle dan Pangeran Harry telah resmi menjadi orangtua.

JAKARTA, NusaBali
Meghan melahirkan bayi lelaki di Istana Windsor pada hari Senin (6/5). Pasangan yang menikah di bulan Mei tahun lalu itu pun memperkenalkan buah hati pertamanya ke publik, dua hari usai dilahirkan.

Buah hati pertama Meghan dan Harry diberi nama Archie Harrison Mountbatten-Windsor. Berdasarkan situs Baby Centre dilansir AFP Rabu (8/5), Archie berada di urutan ke-15 dalam daftar nama populer untuk anak laki-laki di Inggris tahun lalu. Berasal dari Jerman, Archie merupakan kependekan Archibald yang berarti "tegas" atau "berani". Sementara Harrison adalah nama Aborigin yang berarti " Putra Harry".

Dilaporkan Sky News, secara terjemahan bebas nama Archibald Harrison berarti "Seorang putra Harry yang gagah serta berani".

Harrison sama sekali tidak masuk dalam bursa taruhan. Sementara Mountbatten-Windsor merupakan marga dari keturunan Ratu Elizabeth II dan suaminya, Pangeran Philip yang diperkenalkan di bawah Dewan Kerajaan pada 1960. Marga itu merupakan gabungan dari Dinasti Windsor yang merupakan marga Ratu Elizabeth, serta Mountbatten adalah keluarga cabang dari Dinasti Battenberg yang disandang Pangeran Philip.

The Duke dan The Duchess of Sussex juga memilih tidak menggunakan gelar kerajaan untuk anak pertama mereka.

Anggota baru kerajaan Inggris ini hanya akan dipanggil dengan nama "Master Archie". "Aku tidak terkejut karena Harry dan Meghan menginginkan kehidupan yang 'normal' untuk anak-anak mereka," ucap dia seperti dilansir kompas.

Menurut dekrit tahun 1917, hanya putra tertua Pangeran William alias Pangeran George, yang berhak atas gelar "Yang Mulia" dan Pangeran. Oleh karena itu, tidak semua bayi kerajaan harus secara resmi mendapatkan julukan "Pangeran". Namun, Ratu ELizabeth II - seperti yang dilakukannya kepada anak-anak Pangeran William - dapat mengeluarkan perintah agar bayi kerajaan dan saudara kandungnya juga mendapatkan gelar Pangeran dan Putri.

Ayah Pangeran Harry, Pangeran Charles yang tengah berada di Jerman menuturkan dia sangat senang dan begitu tak sabar untuk bertemu dengan cucu keempatnya.

"Saya akan melihat bayi itu beberapa hari ke depan setelah suasana agak tenang," tutur Putra Mahkota Kerajaan Inggris tersebut seperti dikutip AFP.

Archie merupakan cicit kedelapan Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip, dan berada di urutan ketujuh pewaris takhta Inggris setelah sang kakek Pangeran Charles. Dibungkus dengan selimut serta dipakaikan topi putih di kepalanya, Archie tertidur dalam gendongan Pangeran Harry ketika dia memperkenalkannya kepada awak media.

"Dia sangat sabar dan tenang. Ini seperti mimpi. Saya seperti terkena sihir dalam beberapa hari terakhir," ujar Meghan dengan rasa bangga kepada wartawan. *

loading...

Komentar