nusabali

BPBD Titip 4.000 Masker ke RAPI

  • www.nusabali.com-bpbd-titip-4000-masker-ke-rapi

BPBD Karangasem menitipkan 4.000 pcs masker kepada Satgas TRC-IKB (Satuan Tugas Tim Reaksi Cepat Informasi Komunikasi Bencana) RAPI Wilayah 04 Karangasem.

AMLAPURA, NusaBali

Masker diserahkan oleh Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Karangasem Ni Wayan Asmi Sukmawati kepada Ketua Satgas, Jro Wayan Gede Astika, di Sekretariat RAPI, Jalan Diponegoro, Amlapura, Rabu (8/5). Jika terjadi erupsi Gunung Agung disertau hujan abu, RAPI dengan cepat bagikan masker kepada masyarakat.

Asmi Sukmawati mengatakan, selama ini BPBD bersinergi dengan relawan Satgas TRC-IKB RAPI dan relawan lainnya dalam menangani bencana dan mitigasi bencana untuk mengurangi risiko bencana. Seringnya Gunung Agung erupsi disertai hujan abu, maka masyarakat di kawasan rawan bencana (KRB) III dan sekitarnya memerlukan bantuan masker. Sedangkan petugas BPBD sangat terbatas untuk melayani masyarakat. Atas dasar itulah BPBD bekerjasama dengan Satgas TRC-IKB RAPI untuk membagikan masker kepada masyarakat saat bantuan itu diperlukan.

Dikatakan, Satgas TRC-IKN RAPI memiliki anggota di delapan kecamatan se-Karangasem. Sehingga lebih cepat memberikan layanan kepada masyarakat. Begitu juga laporan-laporan dari masyarakat, relawan Satgas TRC-IKB RAPI lebih awal mendapatkan informasi, menyangkut paparan hujan abu, dan dampak lainnya akibat bencana alam. Sementara Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa mengapresiasi kerjasama dengan relawan Satgas RAPI Wilayah 04 Karangasem.

Menurutnya, BPBD membutuhkan mitra kerja di lapangan. “Kami sangat terbantu dengan adanya relawan melakukan mitigasi bencana,” ungkap Ida Bagus Ketut Arimbawa. Ketua Satgas TRC-IKN RAPI Wilayah 04 Karangasem, Jro Wayan Gede Astika, langsung membagikan 4.000 masker itu kepada relawan. Masing-masing relawan di delapan kecamatan mendapat 500 pcs masker. *k16

Komentar