nusabali

Gubernur Koster Ajak Anggota Dewan Terpilih Bersama-sama Membangun Bali

  • www.nusabali.com-gubernur-koster-ajak-anggota-dewan-terpilih-bersama-sama-membangun-bali

Gubernur Bali Wayan Koster mengajak para anggota DPRD Bali dan DPRD Kabupaten/Kota se-Bali terpilih hasil Pileg 2019 agar turut berkontribusi dalam pembangunan Bali ke depan.

DENPASAR, NusaBali

Mereka diminta ikut mendukung kebijakan dan visi ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali’. “Para anggota Dewan terpilih ini hendaknya betul-betul bisa mendedikasikan diri, bersama-sama membangun Bali, serta mendukung kebijakan dan visi ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali’. Saya kira semuanya membutuhkan kerja sama dan gotong royong,” ujar Gubernur Koster kepada awak media di sela menghadiri rapat pleno rekapitulasi suara hasil Pileg 2019 tingkat Provinsi Bali yang digelar KPU Bali di Prime Plaza Hotel, Sanur, Denpasar Selatan, Rabu (8/5) pagi.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Koster juga mengucapkan selamat kepada partai dan para caleg yang lolos ke kursi legislatif. “Terutama bagi para caleg yang lolos ke DPRD Provinsi dan DPRD Kabuoaten/Kota se-Bali, saya ucapkan selamat. Saya kira kebersamaan semua partai politik yang ada diperlukan dalam membangun Bali ke depan,” tandas Gubernur asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng yang juga Ketua DPD PDIP Bali ini.

Pada bagian lain, Koster mengatakan secara umum proses dan tahapan Pemilu 2019 di Bali berlangsung dengan baik dan lancar. Koster pun berharap hasil rekapitulasi suara nantinya bisa diterima semua pihak, khususnya peserta Pemilu 2019.

Terkait hasil hitung cepat Pilpres 2019 yang menunjukkan keunggulan telak pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin (Capres-Cawapres nomor urut 01 yang diusung PDIP-Golkar-PKB-PPP-NasDem-hanura-PKPI-Perindo-PSI) di Bali, menurut Koster, pihaknya masih harus menunggu hasil penghitungan resmi dari KPU.

“Kita ikuti hasil (resmi, Red) KPU saja. Saya pikir hasilnya tidak akan beda jauh, karena sistem aplikasi yang digunakan sudah sangat baik,” tegas Koster yang notabene mantan anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PDIP Dapil Bali tiga kali periode (2004-2009, 2009-2014, 2014-2018).

Sekadar dicatat, berdasarkan rekapitulasi suara hasil Pileg 2019 tingkat kabu-paten/kota, PDIP tampil sebagai jawara di Bali. PDIP mendominasi 33 kursi dari total 55 kursi DPRD Bali yang diperebutkan di semua Dapil. Bukan hanya itu, PDIP juga sapu bersih kemenangan untuk kursi DPRD Kabupaten/Kota se-Bali.

Sementara itu, Ketua KPU Bali Dewa Agung Gede Lidartawan menyebutkan, dalam berbagai tahapan yang telah terlaksana, pihaknya sudah melakukan banyak upaya untuk menjamin proses Pemilu 2019 berlangsung dengan baik. “Kita sudah membuka kran selebar-lebarnya untuk setiap masalah agar terselesaikan dengan sebaik-baiknya,” jelas Dewa Lidartawan.

“Mulai dari tahapan di TPS, kecamatan, kabupaten/kota, hingga kini tingkat provinsi, semuanya berjalan lancar. Juga dari sisi keamanan, dari semua berita acara yang diterima, seluruh KPU Kabupaten/Kota se-Bali menyatakan tidak ada tekanan apa pun yang diterima, kecuali masalah kelelahan,” lanjut mantan Ketua KPU Bangli dua periode (2008-2013, 2013-2018) ini.

Pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi suara hasil Pileg 2019 tingkat Provinsi Bali di Sanur, Rabu kemarin, dihadiri pula Kapolda Bali Irjen Pol Dr Petrus Reinhard Golose dan perwakilan Kodam IX/Udayana. Selain itu, hadir pula para saksi seluruh parpol peserta Pemilu 2019 dan calon DPD RI Dapil Bali yang berkontestasi di Pemilu 2019. *

Komentar