nusabali

FS Pembangunan Stadion Mengwi Senilai Rp 225 Juta

  • www.nusabali.com-fs-pembangunan-stadion-mengwi-senilai-rp-225-juta

Pemkab Badung sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 225 juta untuk jasa konsultansi perencanaan penyusunan studi kelayakan (feasibility study—FS) pembangunan Stadion Mengwi.

MANGUPURA, NusaBali

Stadion ini nantinya akan menjadi venue saat Badung menjadi tuan rumah Porprov Bali tahun 2021. Dalam dokumen lelang pada Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Badung, nilai pagu anggaran untuk belanja jasa konsultansi perencanaan FS Pembanguanan Stadion Mengwi senilai Rp 255 juta. Anggaran tersebut bersumber dari APBD Badung 2019.

“Sekarang masih proses belanja jasa konsultansi perencanaan penyusunan FS,” ungkap Kepala Dinas PUPR Kabupaten Badung Ida Bagus Surya Suamba, Senin (6/5).

Bila penyusunan FS bisa selesai tahun ini, maka akan langsung dilanjutkan dengan penyusunan detail engineering design (DED). Dengan demikian, sesuai perencanaan awal pembangunan fisik dimulai pada 2020 dan ditarget rampung pada tahun yang sama.

Sementara, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Badung I Made Wira Dharmajaya, mengatakan pembangunan Stadion Mengwi merupakan salah satu program prioritas. Terlebih stadion ini disiapkan khusus untuk hajatan Porprov Bali 2021, karena Badung bakal menjadi tuan rumah.

Mantan Setwan Badung ini mengungkapkan, bila FS dan DED selesai tahun 2019, maka pada 2020 akan dilanjutkan dengan proyek fisik. “Mudah-mudahan tahun 2020 proyek sudah rampung, sehingga tahun 2021 stadion ini sudah siap digunakan jadi venue,” tandasnya.

Menurut pejabat asal Desa Sembung, Kecamatan Mengwi, ini lokasi pembangunan Stadion Mengwi terletak di GOR Mengwi yang ada saat ini. Sekarang GOR Mengwi memiliki luas sekitar 5 hektare, tapi nanti rencana akan diperluas menjadi 10 hektare. Pembangunan stadion bertaraf internasional ini diperkirakan menelan anggaran Rp 600 miliar. Kapasitas stadion sekitar 20–an  ribu orang. Stadion rencananya juga akan menggunakan single seat, sesuai standar internasional. *asa

Komentar