nusabali

Kerap Dilalui Truk Besar, Jalan Supratman Hancur

  • www.nusabali.com-kerap-dilalui-truk-besar-jalan-supratman-hancur

Jalan Supratman sisi selatan yang tembus menuju Jalan Ngurah Rai, di Lingkungan/Kelurahan Pendem Jembrana, kondisi aspalnya hancur.

NEGARA, NusaBali

Pemicu hancurnya jalan di tengah kota Negara, itu dituding akibat truk-truk besar yang kerap lalu lalang menuju gudang truk di jalan tersebut.

Dari pemantauan pada Minggu (5/5), kerusakan jalan di Jalan Supratman ini tampak mulai di ujung bagian selatan hingga di depan gudang truk milik salah satu perusahaan onderdil kendaraan di kota Negara. “Yang hancur hanya di selatan saja. Memang di sini sudah beberapa kali rusak karena dilewati truk-truk besar,” ujar salah seorang warga setempat.

Menurut warga, perbaikan jalan yang sudah berulangkali rusak itu selama ini dinilai kurang maksimal, karena hanya sebatas tambal sulam. Selain jalan rusak, sejumlah trotoar di Jalan Supratman ini tampak jebol, dan air di selokan yang tertutup trotoar itu kerap meluap ketika terjadi hujan deras.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Jembrana I Wayan Darwin, dikonfirmasi Minggu kemarin, mengatakan jalan di Jalan Supratman itu memang langganan rusak akibat sering dilintasi truk yang kelebihan tonase. Pihaknya juga sudah berulangkali melakukan perbaikan di Jalan Supratman yang merupakan jalan kabupaten tersebut, dan berencana akan kembali melakukan perbaikan dengan menggunakan dana operasional pemeliharaan (OP). “Nanti akan kami bahas.  Masalah di sana, memang karena dilalui truk-truk besar,” ucapnya.

Sedangkan mengenai kerusakan trotoar di Jalan Supratman itu, menurutnya juga akan diperbaiki secara bertahap. Untuk tahun ini, direncanakan perbaikan trotoar dari Jalan Ngurah Rai, tepatnya depan Hardys hingga memasuki Jalan Pahlawan di depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Negara. “Bertahap kami perbaiki. Tetap kami perhatikan kerusakan-kerusakan trotoar,” ujarnya. *ode

Komentar