nusabali

Kenalkan Pura Lewat Tirtayatra

  • www.nusabali.com-kenalkan-pura-lewat-tirtayatra

Demi mengenalkan sejumlah Pura besar di Bogor, Jawa Barat, kepada anak-anak muda Hindu Tigaraksa, pengurus Perhimpunan Muda Mudi Hindu Tigaraksa (Permudhiksa), Tangerang, Banten melaksanakan Tirtayatra pada Rabu (1/5).

JAKARTA, NusaBali
Tirtayatra juga dilakukan untuk memperingati ulangtahun Permudhiksa ke enam yang jatuh pada 19 April 2019 kemarin.

"Tujuan digelarnya Tirtayatra agar kaum muda mudi Tigaraksa lebih memahami dan mengenal Pura di Bogor, sekaligus memperingati ultah Permudhiksa ke enam," ujar Pengayom Permudhiksa Nengah Yuliawan kepada NusaBali, Jumat (3/5). Menurut Nengah Yuliawan, mereka menyambangi dua Pura.

"Kami ke Pura Melanting, lalu ke Pura Gunung Salak. Di Pura Melanting, kami melukat dahulu. Selanjutnya sembahyang di Pura Gunung Salak," jelas Nengah Yuliawan. Ada 60 orang muda mudi ikut serta. Mereka menggunakan dua bus.

Berhubung baru pertama kali Tirtayatra, mereka sangat antusias mengikuti segala kegiatan yang berlangsung.

Melihat antusiasme peserta, pengurus Permudhiksa berencana menggelarnya setiap tahun. "Mudah-mudahan setiap tahun kami bisa melaksanakan Tirtayatra, sekalian merayakan ultah," imbuh Nengah Yuliawan. Sebelum Tirtayatra, Permudhiksa telah merayakan ultah pada 21 April kemarin.

Kala itu, mereka mengundang seluruh pemuda Hindu di provinsi Banten. Mereka menggelar doa bersama dan memotong tumpeng. *k22

Komentar