nusabali

PDAM Gianyar Masuk Top BUMD

  • www.nusabali.com-pdam-gianyar-masuk-top-bumd

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Gianyar meraih TOP BUMD 2019 Bidang Peningkatan Kinerja Keuangan.

GIANYAR, NusaBali
Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Ketua Penyelenggara TOP BUMD 2019 M Lutfi Handayani kepada Direktur Utama PDAM Gianyar Made Sastra Kencana di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (30/4).

Dalam siaran persnya, Lutfi menjelaskan setiap peserta yang mengikuti penjurian, mendapatkan feedback atau nilai tambah berupa masukan dan saran dari Dewan Juri untuk perbaikan pengelolaan usaha dimasa yang akan datang.

Dirut Made Sastra mengungkapkan prestasi ini berkat hasil kerja keras semua elemen. "Sesuai dengan tujuan BUMD yang bukan hanya meningkatkan laba perusahaan, tapi keberadaan PDAM harus memberikan manfaat untuk pelayanan bagi rakyat khususnya masyarakat Gianyar dan juga memberikan manfaat bagi perekenomian daerah, " tegasnya dikonfirmasi, Jumat (3/5).

Diakui, hasil yang dicapai saat ini  tidak terlepas dari dukungan para stakeholder seperti DPRD, Bupati selaku pemilik modal dan juga Dewan Pengawas.

Sebelumnya, sekitar 1.149 BUMD se-Indonesia diseleksi hingga menjadi 200 finalis. Kemudian, hanya 162 BUMD yang mengikuti penilaian lanjutan secara lengkap. Ketua Dewan Juri Top BUMD 2019, Prof Dr Laode M Kamaluddin MSc MEng menjelaskan bahwa kriteria TOP BUMD of the Year 2019 (Best of the Best) yang menang dalam ketegori ini adalah BUMD yang memiliki (1) kinerja terbaik dan (2) yang relevan dengan tema, yakni ”BUMD Membangun Ekonomi Daerah Yang Berkelanjutan”. "Jadi, kalau hanya berkinerja terbaik saja tetap tidak dapat menjadi BUMD of the year, namun BUMD tersebut harus relevan dengan tema Top BUMD 2019,” tegas Laode.

PDAM Gianyar dinilai mempunyai peningkatan kinerja keuangan yang baik, sehingga berhasil meraih penghargaan ini. Selain itu, untuk bidang keuangan dasar penilaiannya adalah manajemen keuangan yang mendukung upaya menumbuhkan nilai perusahaan dalam jangka panjang serta perusahaan yang mencapai kinerja keuangan yang terbaik.

Dalam proses penilaian, Dewan Juri menggandeng sejumlah lembaga penilai dan konsultan diantaranya Asia Business Research Center; Sinergi Daya Prima; PPM Manajemen; Harvard Business Review – Intellectual Business Community; Melani K Harriman Associates; dan lain-lain.

Untuk diketahui, dipenghujung tahun 2018 lalu, Made Satra Kencana juga berhasil menyabet penghargaan Indonesian Figure Executive and Profesional Achievement yang diselenggarakan oleh yayasan Citra Prestasi Anak Bangsa.

Prestasi ini diraih berkat kegigihannya dalam memimpin PDAM Gianyar sejak Desember 2011 sampai dengan Desember 2015 dengan kondisi keuangan yang sangat sulit. Dimana kewajiban lebih besar dari ekuitas, dan memimpin kembali sejak Juni 2016 sampai sekarang. Penghargaan diserahkan dalam acara The Most Indonesian Leadership Figure Executive Award di Hotel Grand Cempaka, Jakarta, Oktober 2018 lalu. *nvi

Komentar