nusabali

Uji Coba Pelabuhan Gunaksa Terhadang

  • www.nusabali.com-uji-coba-pelabuhan-gunaksa-terhadang

Karena gelombang pasang masih terjadi beberapa hari ke depan.

SEMARAPURA, NusaBali
Gelombang tinggi yang menerjang kawasan pesisir pantai di Klungkung, berdampak terhadap uji coba pelabuhan di eks galian C di Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan, Klungkung. Diprediksi gelombang pasang ini masih terjadi beberapa hari ke depan. Padahal surat instruksi dari Kementerian Perhubungan RI untuk menggelar uji coba pelabuhan ini, Selasa (31/5) ini.

“Surat tersebut untuk uji coba teknis, bukan uji coba penyeberangan. Hal itu untuk mengetahui kedalaman dermaga sandar di dalam laut,” ujar Kabid Sarana dan Prasarana Dishubkominfo Klungkung, Willem S Ayal, saat mengikuti rapat kerja (raker) di DPRD Klungkung, Senin (30/5). Hanya saja sejauh ini masih ada beberapa kendala di lapangan, yakni gelombang masih tinggi. Disamping itu pihaknya juga masih menunggu surat dari Balai Lalu Lintas Angkutan Jalan, Sungai Danau dan Penyeberangan (BLLAJSDP) Provinsi Bali.

Kadiskominfo Klungkung Nengah Sukasta menambahkan, dalam uji coba nanti. Pemkab hanya mendampingi, sebab kegiatan teknis menjadi kewenangan pusat. Kini Pemkab sudah menyiapkan sambungan listrik untuk operasional pelabuhan. ”Untuk ruang tunggu pelayanan tiket saat ini masih dalam proses finishing,” katanya.

Ketua DPRD Klungkung Wayan Baru meminta supaya melibatkan legislatif saat uji coba pelabuhan tersebut. Pasalnya selama ini pihaknya tidak diberikan informasi mengenai perkembangan di Pelabuhan Gunaksa. “Kalau bisa kami dilibatkan, sehingga bisa turut memantau” pintanya.

Sebelumnya, anggota DPRD Klungkung juga turun meninjau pelabuhan Gunaksa, Kamis (19/5). Mereka turun untuk mengecek kesiapan pelabuhan tersebut sebelum diuji coba pada Juni 2016. Apalagi sudah turun SK dari Menteri Perhubungan RI dengan Nomor 224 Tahun 2016, dimana Pelabuhan Gunaksa memenuhi syarat melakukan penyeberangan antar provinsi yakni, Klungkung (Bali) - Pelabuhan Lembar dan Provinsi Nusa Tenggara Barat. 7 w

Komentar