nusabali

Raja Thailand Nikahi Mantan Pramugari

  • www.nusabali.com-raja-thailand-nikahi-mantan-pramugari

Jelang Penobatan

BANGKOK, NusaBali

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn mengungkapkan ke publik bahwa dirinya telah menikah lagi, sekitar tiga hari sebelum penobatannya dilakukan. Raja Vajiralongkorn menikahi seorang wanita bernama Suthida Vajiralongkorn Na Aydhaya dan menetapkannya sebagai Ratu Thailand.

Hubungan antara Suthida dengan Raja Vajiralongkorn yang seorang duda, selama ini belum pernah diakui secara publik.

Seperti dilansir CNN, Kamis (2/5), pernikahan dengan Suthida ini merupakan pernikahan keempat Raja Vajiralongkorn (66). Dia bercerai dengan istri ketiganya tahun 2014 lalu.

Suthida sendiri sebelumnya merupakan pramugari maskapai Thai Airways. Pada Agustus 2014, dia ditunjuk menjadi komandan penjaga rumah tangga untuk istana Vajiralongkorn yang saat itu masih menjadi Putra Mahkota Kerajaan Thailand. Suthida diketahui memiliki gelar 'Jenderal'.

Pengumuman soal pernikahan Raja Vajiralongkorn dengan Suthida itu disampaikan melalui pernyataan resmi Kerajaan Thailand yang dirilis Rabu (1/5) waktu setempat.

"(Raja Vajiralongkorn) Memutuskan untuk mengangkat Jenderal Suthida Vajiralongkorn Na Aydhaya, istri raja, menjadi Ratu Suthida dan dia akan menyandang gelar dan status kerajaan sebagai bagian dari keluarga kerajaan," demikian pernyataan resmi Kerajaan Thailand seperti dilansir detik.

Pernyataan itu juga menyebutkan bahwa Raja Vajiralongkorn 'menjalani seremoni pernikahan kerajaan dengan Jenderal Suthida Vajiralongkorn Na Aydhaya sesuai dengan hukum dan tradisi kerajaan secara sepenuhnya dan berbudi'.

Raja Vajiralongkorn naik tahta menjadi Raja Thailand setelah wafatnya sang ayah, Raja Bhumibol Adulyadej, tahun 2016 lalu. Dia bergelar Raja Rama X dan merupakan anggota ke-10 dari Dinasti Chakri, yang menguasai Thailand sejak Raja Rama I bertakhta tahun 1782 silam.

Usai wafatnya sang ayah, Raja Vajiralongkorn meminta waktu untuk berkabung sebelum dinobatkan secara resmi. Dia menerima tahta sejak 1 Desember 2016, namun penobatan resminya baru digelar pada Sabtu (4/5) nanti, dengan perayaan yang akan digelar hingga Senin (6/5) mendatang.

Diketahui bahwa Raja Vajiralongkorn sebelumnya menikah dengan Soamsawali Kitiyakara tahun 1977, Yuvadhida Polpraserth tahun 1994 dan Srirasmi Suwade tahun 2001. Dia memiliki dua anak perempuan dan lima anak laki-laki dari ketiga pernikahan sebelumnya. *

Komentar