nusabali

TNI Bersihkan Sampah Plastik di Karangsokong

  • www.nusabali.com-tni-bersihkan-sampah-plastik-di-karangsokong

Menyambut HUT ke-62 Kodam IX/Udayana pada 27 Mei, jajaran Kodim 1623 Karangasem menggelar bersih-bersih sampah plastik di Lingkungan Karangsokong, termasuk di Pasar Pagi Karangsokong, Jalan Gunung Agung Amlapura, Kamis (2/5).

AMLAPURA, NusaBali

Acara dikoordinasikan Kasdim Mayor CZi Sobirin Setio Utomo. Aksi bersihkan sampah plastik melibatkan 400 orang, didukung anggota Polres Karangasem dikoordinasikan Wakapolres Karangasem Kompol Supriadin Rahman, Lurah Subagan Ketut Yuda Suartana, jajaran Koramil se-Karangasem, perwakilan OPD, perwakilan MAN Amlapura, SMAN 2 Amlapura dan masyarakat kelurahan Subagan.

"Bersih-bersih sampah plastik ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar peduli terhadap lingkungan, dan Kelurahan Subagan terbebas dari sampah plastik," jelas Kasdim Mayor CZi Sobirin Setio Utomo. Diharapkan, sampah plastik dan sampah organik di setiap rumah tangga sebelum dibuang, terlebih dahulu dipilah. Sampah organik bisa dibuang ke tegalan untuk pupuk dan sampah plastik bisa dikumpulkan nantinya ada rekanan yang memerlukan untuk bahan daur ulang.

"Sampah plastik sebenarnya telah lama menjadi musuh kita bersama. Sebab, sampah plastik tidak bisa terurai di tanah. Makanya, jangan buang sampah sembarangan apalagi masih berisi plastik," pintanya.

Apalagi sampah plastik berupa botol plastik, kaleng, kertas, kardus dan sejenisnya, sebenarnya bernilai ekonomi jika dikumpulkan. Sebab, telah ada gerakan peduli lingkungan di Karangasem, yakni Bank Sampah Bali Kumara di Jalan Nenas Amlapura. Bank Sampah Bali Kumara pimpinan Ni Made Laba Dwikarini, telah siap menampung seluruh sampah plastik, dibeli dan dibuatkan rekening. Bagi yang membawa sampah plastik dibuatkan rekening, hasil penjualannya langsung masuk rekening, dan uangnya bisa ditarik kapan saja.

Lurah Subagan Ketut Yuda Suartana merasa terbantu dengan adanya kegiatan bersih-bersih sampah plastik. Sehingga lebih banyak instansi mengedukasi masyarakat, agar ke depan semakin peduli sampah plastik. Sehingga keberadaan sampah plastik bisa diminimalkan. Juga menghilangkan kebiasaan membuang sampah di alur sungai. "Alur sungai bukanlah tempat membuang sampah, tetapi untuk kelancaran air," katanya. *k16

Komentar