nusabali

Jalan Penarukan –Tampuagan Diajukan Jadi Jalan Kabupaten

  • www.nusabali.com-jalan-penarukan-tampuagan-diajukan-jadi-jalan-kabupaten

Jalan desa yang menghubungkan Banjar Penarukan menuju Dusun Tampuagan, Desa  Peninjoan, Kecamatan Tembuku, Bangli akan diajukan menjadi jalan kabupaten.

BANGLI, NusaBali

Jalan Penarukan-Tampuagan dibangun lewat program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 104, beberapa bulan lalu.

Perbekel Desa Peninjoan, I Dewa Nyoman Tagel, jalan penghubung Banjar Penarukan-Dusun Tampuagan hampir 1,5 kilometer dengan status jalan desa. Pihak desa masih merinci anggaran yang dihabiskan untuk pembuatan jalan TMMD tersebut. Sisa anggaran akan dialokasikan untuk drainase. “Pembuatan jalan ini memanfaatkan anggaran program Gerbang Gita Santhi (GGS) Rp 1 miliar lebih,” ungka Dewa Nyoman Tagel, Rabu (1/5).

Selaku perbekel, Dewa Nyoman Tagel akan mengajukan jalan Banjar Penarukan-Dusun Tampuagan menjadi jalan kabupaten. Dari total panjang jalan 31 kilometer di Desa Penijoan, hampir 27 kilometer masuk aset Pemkab Bangli dan sudah dihotmik. “Jika sudah berstatus jalan kabupaten. Jalan Penarukan-Tampuagan bisa dihotmik dan menjadi tanggung jawab Pemkab Bangli,” jelasnya.

Terpisah, Bendesa Adat Penarukan, I Nengah Reken mengungkapkan jalan pembuatan drainase. Menurutnya, tanpa drainase badan jalan cepat hancur, apalagi kondisi jalan memiliki kemiringan cukup terjal. Badan jalan juga masih perlu diratakan karena jalan menanjak dan tikungan tajam. “Kalau bisa pada posisi tanjakan dengan tikungan yang tajam dilakukan pengurukan agar badan jalan lebih landai. Ini bisa dilakukan saat dihotmix,” pinta Nengah Reken yang juga anggota DPRD Bangli. *esa

Komentar