nusabali

Gong Kebyar Anak-Anak 'Pemanasan' Jelang PKB 2019

  • www.nusabali.com-gong-kebyar-anak-anak-pemanasan-jelang-pkb-2019

Menjelang pentas pada Pesta Kesenian Bali (PKB) tahun 2019, Sekaa Gong Kebyar Anak- Anak Werdhi Yowana Desa Bedulu, Blahbatuh, Gianyar, unjuk kebolehan di hadapan masyarakat Gianyar, Kamis (25/4) malam, di open stage Balai Budaya, Gianyar.

GIANYAR, NusaBali

Sekaa yang terpilih sebagai duta Kabupaten Gianyar dalam ajang PKB Juni mendatang di Art Centre Denpasar, tampil mabarung dengan Sekaa Gong Kebyar Duta Gianyar tahun lalu, Sekaa Gong Jaya Semara Kesuma, Desa Ketewel, Sukawati.

Menggunakan seragam dominasi putih  kombinasi  keemasan, Sekaa Gong Werdhi Yowana tampil percaya diri.  Aksi anak anak di bawah umur 15 tahun itu  diawali tabuh kreasi berjudul Dharma Putra,  kemudian Tari Kelinci, tabuh kreasi Siat Sampian dan Tari Dolanan Masanghyang- Sanghyangan.

Koordinator Seka Gong  Kebyar Anak Anak Werdhi Yowana I Ketut Yuda Negara, mengatakan seni tabuh yang ditampilkan sekaa ini menonjolkan kesederhanaan dan keluguan. Namun sesekali tampilkan pola yang rumit. Sedangkan, Tari Kreasi Siat Sampian menjadi andalan karena terinspirasi dari tradisi Siat Sampian setiap Pujawali di Pura Samuan Tiga, Bedulu.

Pendamping pada malam itu adalah Duta Kabupaten Gianyar pada PKB tahun 2018 yakni, Sekaa Gong Jaya Semara Kesuma, Ketewel yang menampilkan tabuh kreasi Pepanggulan Jabang Tetuka, Tari Legong Pita Loka Indra Kesari, tabuh kreasi baru Mbung Katiwawalan

Penampilan kedua seka gong ini disaksikan pejabat di lingkungan Pemkab Gianyar dan masyarakat yang memadati Lapangan Astina.*lsa

Komentar