nusabali

Banyak Kasus Cerai Usia Muda, PHDI Rancang Pendidikan Pra Nikah

  • www.nusabali.com-banyak-kasus-cerai-usia-muda-phdi-rancang-pendidikan-pra-nikah

Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Tabanan merancang pendidikan pra nikah, karena banyak pasangan suami istri yang usia pernikahannya masih seumur jagung sudah pisah (cerai).

TABANAN, NusaBali

Pendidikan pra nikah akan dilakukan tahun 2020. Saat ini PHDI masih melakukan sosialisasi di kecamatan.

Ketua PHDI Tabanan I Wayan Tontra mengatakan pendidikan pra nikah sasarannya adalah pelajar SMA/SMK. Ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada para remaja arti pernikahan sebenarnya. “Dalam pendidikan pra nikah itu akan diisi materi tentang hukum adat dan hukum agama,” ujarnya, Rabu (24/4).

Dikatakan dasar dibuatnya pendidikan pra nikah ini berdasarkan data yang didapat, tiap tahun per kecamatan di Tabanan terjadi 5 kasus perceraian. Rata-rata mereka yang cerai adalah pasangan usia muda. “Alasannya macam-macam mulai dari perselingkuhan dan ekonomi,” kata Tontra.

Oleh karena itu dia berharap lewat pendidikan pra nikah, pasangan yang akan menikah supaya siap secara mental dan fisik. Karena selain pemateri dari PHDI juga didatangkan psikolog dan mahasiswa yang diajak bekerjasama. “Ini kami masih rancang, teknisnya masih disusun dan direalisasikan tahun 2020,” imbuh Tontra.

Untuk menarik perhatian peserta yang mengikuti, PHDI dua pekan lagi melaksanakan sosialisasi di setiap kecamatan menyasar remaja. “Dua pekan lagi sosialisasi untuk pemancing, sasarannya pelajar SMA dan SMK,” tegasnya. *des

Komentar