nusabali

Srikandi Pertama Bidik Pimpinan Dewan

  • www.nusabali.com-srikandi-pertama-bidik-pimpinan-dewan

Kadek Dewi kemungkinan akan ditantang Ida Bagus Adnyana yang masih ingin mempertahankan jabatannya sebagai Wakil Ketua DPRD Karangasem.

Kadek Dewi Kandidat Wakil Ketua DPRD Karangasem


AMLAPURA, NusaBali
Walau rapat pleno di tingkat PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) tengah berlangsung, tapi calon pimpinan DPRD Karangasem mulai santer dibicarakan di internal partai peraih suara terbanyak. Salah satunya yang disebut-sebut adalah Kadek Weisya Kusmia Dewi, caleg Gerindra dari Dapil I (Kecamatan Karangasem) yang dipastikan lolos jadi anggota DPRD Karangasem. Namanya menguat untuk dicalonkan sebagai salah satu Wakil Ketua DPRD Karangasem dari Partai Gerindra. Jika Kadek Dewi nanti benar-benar terpilih, maka dia akan menjadi perempuan pertama yang jabat Wakil Ketua DPRD Karangasem.

Partai Gerindra sendiri pada Pileg 2019 ini diprediksi raih 5 kursi di DPRD Karangasem. Sementara PDIP sebagai pemenang pemilu membukukan 13 kursi, Partai Golkar merebut 10 kursi atau 11 kursi, Partai NasDem 9-10 kursi, Partai Demokrat sebanyak 2-3 kursi, Partai Hanura sebanyak 2 kursi, PKS 2 kursi dan Partai Perindo 1 kursi. Di DPRD Karangasem ada 45 kursi, sedangkan komposisi pimpinan, yakni Ketua DPRD dipastikan dari PDIP, Wakil Ketua dari Partai Golkar, Partai NasDem dan Partai Gerindra.

Kadek Dewi  yang membukukan 1.460 suara mengaku siap jika partainya menugaskan jadi pimpinan di lembaga legislatif. Wakil Bendahara DPD Gerindra Bali dan Bendahara PIRA (Perempuan Indonesia Raya) Provinsi Bali ini merupakan istri dari Wakil Ketua DPRD Bali, I Nyoman Suyasa, sehingga sepasang suami istri lolos ke gedung dewan melalui Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.

Kadek Dewi aktif terjun ke masyarakat menggalang dukungan sejak enam bulan lalu bersama sang suami.

Sebelum jadi caleg dia lulus sebagai calon notaris. "Awalnya target saya hanya lolos ke DPRD Karangasem, belum terpikirkan menjadi calon Wakil Ketua DPRD Karangasem. Jika partai memberikan mandat, saya siap mengemban tugas partai ini," ujar ibu dua anak ini kepada NusaBali di Amlapura, Rabu (24/4). Tetapi internal Partai Gerindra belum menggodok calon Wakil Ketua DPRD Karangasem untuk periode 2019-2024.

Ketua DPC Partai Gerindra Karangasem, I Nyoman Suyasa, mengatakan masih dibicarakan terlebih dahulu di internal partai. "Mekanismenya, nanti menyerap aspirasi dari PAC di rapat partai, selanjutnya diputuskan melalui rapat partai soal calon Wakil Ketua DPRD Karangasem," kata Suyasa.

Jabatan Wakil Ketua DPRD Karangasem dari Partai Gerindra untuk masa bhakti 2014-2019 dipegang Ida Bagus Adnyana. IB Adnyana sendiri kembali lolos dengan 3.301 suara dari Daerah Pemilihan Karangasem IV (Kecamatan Selat, Kecamatan Rendang dan Kecamatan Sidemen). IB Adnyana juga masih ingin mempertahankan jabatannya sebagai Wakil Ketua DPRD Karangasem di periode 2019-2024.

"Soal jabatan Wakil Ketua DPRD Karangasem, mari tunggu aspirasi dari delapan PAC. Saya sendiri siap mempertahankan jabatan itu," tegas Ketua PAC Gerindra Selat ini. Sedangkan calon pimpinan DPRD Karangasem dari pertai lain, yakni Ketua DPRD dari PDIP I Gede Dana yang juga Ketua DPC PDIP Karangasem, calon Wakil Ketua DPRD Karangasem dari Partai Golkar I Gusti Agung Dwi Putra, dan calon Wakil Ketua dari Partai NasDem I Gusti Ngurah Gede Subagiartha. *k16

Komentar