nusabali

Puskesmas Dawan I Dinilai Tim Provinsi

  • www.nusabali.com-puskesmas-dawan-i-dinilai-tim-provinsi

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ketua TP-PKK Ny Ayu Suwirta menghadiri proses Penilaian Lomba Puskesmas Berprestasi Tingkat Provinsi Bali yang diwakili UPT Puskesmas Dawan I Selasa, (21/4).

SEMARAPURA, NusaBali

Puskesmas di Desa Pikat, Kecamatan Dawan ini dinilai oleh tim penilai provinsi yang dipimpin oleh Kabid pelayanan kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr Kadek Iwan Darmawan.

Bupati Suwirta mengatakan Pemkab Klungkung berkomitmen meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Lewat berbagai program inovatif yang diciptakan, Pemkab terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk masyarakat baik di Puskesmas maupun Rumah Sakit. Untuk anggaran dibidang kesehatan, Klungkung bahkan mampu dan berani menjadi Kabupaten/Kota ke dua di Bali setelah Badung yang melakukan Universal Health Coverage (UHC). “Apapun hasil dalam perlombaan nanti, tetaplah memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Namun dalam lomba kali ini harus berjuang supaya menjadi yang terbaik, sehingga bisa maju ke Tingkat Nasional mewakili Bali,” ujar Bupati Suwirta. Disebutkan, lomba bukanlah akhir dari semuanya, namun melalui lomba akan diuji seberapa besar capaian yang sudah dilakukan selama ini. Dalam proses penilaian nanti Bupati Suwirta juga berharap selain dinilai , seluruh perangkat Puskesmas untuk dibina.

Ketua tim penilai yang juga seorang Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr Kadek Iwan Darmawan menyatakan kekagumannya atas capaian pembangunan 5 tahun belakangan di Kabupaten Klungkung. Tidak hanya pembangunan infrastruktur namun juga pembangunan fasilitas kesehatan dan SDM didalamnya. Menurutnya hal ini sangat luar biasa. Lomba memang untuk mencari yang terbaik dari semua yang baik ini. “Jika Puskemas Dawan I mampu keluar sebagai juara nantinya otomatis akan menjadi Puskemas yang terakreditasi paripurna sekaligus sebagai pelopor Puskesmas Paripurna di Klungkung,” ujarnya.

Lomba ini untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Kriteria penilaian yaitu Administrasi, Unit Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP). Sementara itu Kepala UPT dr Ida Ayu Ketut Sri Handayani mengatakan untuk menghadapi lomba, pihaknya telah melakukan sejulah persiapan seperti melengkapi dokumen serta melanjutkan kegiatan yang menjadi indikator peningkatan mutu pelayanan puskesmas. Unit kesehatan masyarakat di antaranya pelayanan kesehatan lansia, kesehatan jiwa, kesehatan olehraga, kesehatan gigi masyarakat dan kesehatan kerja. Sedangkan untuk Upaya Kesehatan Perseorangan meliputi pelayanan rawat jalan, jalan umum dan jalan gigi, pelayanan kefarmasian dan pelayanan laboratorium. "Dengan berbagai persiapan yang telah kami lakukan, kami sangat berharap akan bisa lolos sebagai juara," ujarnya. *wan

loading...

Komentar