nusabali

Sensus Penduduk Tahun 2020, BPS Badung Kerahkan 288 Petugas

  • www.nusabali.com-sensus-penduduk-tahun-2020-bps-badung-kerahkan-288-petugas

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Badung berencana melakukan sensus penduduk tahun 2020 mendatang.

MANGUPURA, NusaBali

Hal tersebut terungkap dalam Focus Group Discussion (FGD) Badung Dalam Angka 2019 dan Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilayah Kerja Statistik Sensus Penduduk tahun 2020, yang dibuka oleh Sekda Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa, Selasa (23/4), di Gedung Kominfo Kabupaten Badung, Mangupraja Mandala.

Acara tersebut dihadiri Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Badung selaku Ketua Panitia Ni Putu Minarni, Kadis Kominfo Badung I Wayan Weda Darmaja, perwakilan OPD se-Kabupaten Badung, kepala desa dan lurah se-Badung.

Minarni mengatakan pemetaan dan pemutakhiran muatan wilayah kerja statistik sensus penduduk tahun 2020 akan dilakukan serentak secarak. “Nanti hasilnya menjadi peta desa dengan batas desa dan batas satuan lingkungan setempat (SLS),” ujarnya.

Guna menyukseskan sensus penduduk tahun 2020, lanjut Minarmi, BPS Kabupaten Badung mengerahkan sebanyak 288 petugas. Meliputi 240 petugas pemetaan dan 48 pengawas. “Para petugas ini sudah diberi pelatihan khusus,” tegasnya. Minarmi berharap pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020 mendatang berjalan lancar dan sukses.

Sementara Sekda Adi Arnawa, mengatakan acara FGD ini menghadirkan semua perangkat daerah yang merupakan produsen data termasuk kepala desa dan lurah. Harapannya, ada sinkronisasi antara data produsen dengan data di Badan Pusat Statistik (BPS).

“Sangat diperlukan sekali data di perangkat daerah atau di desa sama dengan data BPS. Karena BPS itu merupakan lembaga untuk mengeluarkan data yang benar,” imbuhnya. *asa

loading...

Komentar