nusabali

PDIP Capai Target 16 Kursi di DPRD Bangli

  • www.nusabali.com-pdip-capai-target-16-kursi-di-dprd-bangli

Kursi Golkar Bertambah, NasDem Masuk Dewan

BANGLI, NusaBali

Di seluruh Bali PDIP kini merajai perolehan kursi DPRD, tak terkecuali di Bangli. Pada Pileg 2019 ini, PDIP dipastikan telah mengunci raihan 16 kursi dari 30 kursi (53,33 persen) DPRD Bangli naik dibanding Pileg 2014 lalu yang hanya duduki 13 kursi (43,33 persen). Tak hanya PDIP, Golkar yang raihan suara secara nasional dan daerah Bali menurun di Pileg kali ini, di Bangli malah bertambah. Golkar berdasar hitung-hitungan sementara kantongi 6 kursi, naik dari sebelumnya yang hanya 5 kursi.

Informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, caleg PDIP yang lolos beberapa di antaranya merupakan kader baru dan bahkan baru pertama kali nyaleg. Dari total 16 kursi, di antaranya dari Dapil Bangli 3 kursi, Dapil Susut sebanyak 5 kursi, Dapil Kintamani Barat ada 4 kursi, Dapil Kintamani Timur 2 kursi dan Dapil Tembuku ada 3 kursi.

Untuk Dapil Bangli pendatang baru, yakni I Gusti Nyoman Bagus Triana Putra dan I Wayan Merta Suteja. Dapil Susut I Kadek Diana, Ni Wayan Indrawati serta Dapil Tembuku yakni Sang Nyoman Wijaya.

Ketua DPC PDIP Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta sebelumnya mengatakan untuk PDIP Bangli target sebanyak 16 kursi. Politisi asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut ini membenarkan untuk sementara PDIP memperoleh 16 kursi. Meski demikian pihaknya enggan berkomentar lebih lanjut. “Hasil Pileg ini tidak terlepas dari kerja keras partai dan kader yang bertarung dalam Pileg,” katanya singkat.

Di lain pihak, Partai Golkar juga berhasil menambah perolehan kursi dari 5 kursi menjadi 6 kursi. Dalam hajatan Pileg 2019 Golkar mengklaim berhasil meraih 6  kursi di DPRD Bangli dan 1 kursi untuk DPRD Provinsi Bali. Untuk  raihan 6 kursi di DPRD Bangli, yakni dari dapil Kintamani Timur, I Nyoman Basma, Dapil Kintamani Barat, I Nyoman Budiada, Dapil  Bangli, I Nengah Darsana, Dapil Susut, I Ketut  Sajiboga, Dapil Tembuku, I Nengah Reken dan I Nyoman Kartika.

Ketua DPD II Golkar  Bangli, I Wayan Gunawan, mengatakan  jika melihat hasil Pileg  maka untuk raihan suara Golkar secara nasional turun. Namun demikian politisi asal Desa Batur, Kecamatan Kintamani ini bersyukur karena justru untuk di Bangli perolehan kursinya naik.

“Pileg lima tahun lalu Golkar berhasil merebut lima kursi dan sekarang naik menjadi 6 kursi,” ungkapnya. Sementara Partai Nasdem juga berhasil mendapat 2 kursi dan sebelumnya nihil. Perolehan meliputi Dapil Kintamani Timur, Gede Tindih dan Dapil Bangli Ketut Guna. Ketua DPD Partai NasDem Bangli, Gede Tindih mengatakan walaupun penghitungan suara belum final, namun mengacu penghitungan di internal pihaknya yakin meraih 2 kursi. Namun sayang untuk Partai Demokrat perolehan kursinya menurun. Sebelumnya ada empat kursi dan kini diprediksi hanya memperoleh tiga kursi. Ketua DPC Demokrat Bangli, I Komang Carles belum memberikan komentar perihal hasil Pileg ini. *esa

Komentar