nusabali

Counter Check-In yang Terdampak Akan Dioperasionalkan Hari Ini

  • www.nusabali.com-counter-check-in-yang-terdampak-akan-dioperasionalkan-hari-ini

Pasca Kebakaran di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai

MANGUPURA, NusaBali

Pasca kebakaran yang melanda Terminal Keberangkatan Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Tuban, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung pada Jumat (19/4), pihak Angkasa Pura (AP) I selaku pengelola bandara melakukan berbagai upaya pemulihan. Setelah dilakukan berbagai penanganan, seluruh counter check-in yang terdampak rencananya akan kembali dioperasionalkan pada Selasa (23/4) hari ini. Diharapkan dengan pengoperasian ini bisa mengoptimalkan pelayanan di Bandara Ngurah Rai.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Haruman Sulaksono, mengungkapkan pasca kebakaran pada Jumat (19/4) malam, aktivitas di Terminal Keberangkatan Domestik memang sangat terganggu. Selain penutupan yang berlangsung selama beberapa jam, pihaknya juga mengalihkan beberapa maskapai untuk menggunakan ‘jalur alternatif’ dalam melayani calon penumpangnya. Adapun maskapai yang terdampak pengalihan menggunakan rute di Terminal Keberangkatan Internasional masing-masing Air Asia, Travira Air, Lion Air, Wings Air, dan Batik Air. Namun, menurut Sulaksono pengalihan itu akan berakhir pada Selasa (23/4) hari ini. “Sampai hari ini (Senin kemarin) kami kebut pemasangan sejumlah fasilitas. Rencananya mulai besok (hari ini), semuanya akan berlaku seperti dulu alias normal. Seluruh maskapai sudah bisa menggunakan seluruh counter check-in di Terminal Keberangkatan Domestik,” ujarnya, Senin (22/4) sore.

Sulaksono menjelaskan, insiden kebakaran yang terjadi di Terminal Keberangkatan Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai mengakibatkan terganggunya layanan check-in untuk penumpang penerbangan rute domestik. Meja check-in mulai nomor 23 hingga 62 terpaksa dinonaktifkan untuk sementara, demi alasan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan pengguna jasa bandara. Namun, setelah dilakukan evaluasi menyeluruh pada kondisi terminal dan fasilitas meja check-in pasca insiden kebakaran itu, diyakini sudah layak digunakan mulai Selasa (23/4). Dia berharap, dengan beroperasinya kembali seluruh meja check-in untuk penerbangan domestik dari semua maskapai penerbangan, diharapkan dapat mengembalikan standar pelayanan kepada penumpang. “Pengoperasian kembali seluruh meja check-in ini telah melalui serangkaian prosedur pengecekan, terutama dari sisi keamanan dan keselamatan. Dengan beroperasinya kembali seluruh check-in counter ini, kami harap dapat kembali memberikan kemudahan bagi seluruh penumpang,” kata Sulaksono.

Selain pengoperasian kembali seluruh counter check-in, fasilitas lainnya seperti eskalator dan elevator juga sudah dapat kembali dipergunakan oleh pengguna jasa bandara. Kemudian, fasilitas mesin screening check-point 2 (SCP 2) di sisi barat juga telah berfungsi dan dapat kembali dilalui oleh calon penumpang seperti sedia kala. Namun, untuk pre screening check-point yang merupakan pemeriksaan keamanan tahap pertama bagi calon penumpang dan pengguna jasa, akan dipersiapkan terlebih dahulu sistem satu pintu.

“Selain itu, sistem random checking yang akan dilakukan oleh personel Aviation Security serta optimalisasi kamera CCTV untuk profiling calon penumpang dan pengguna jasa bandar udara, turut serta akan diterapkan untuk menjamin keamanan dan keselamatan penerbangan,” kata Sulaksono. *dar

Komentar