nusabali

Empat Siswa Tak Hadir di Hari Pertama

  • www.nusabali.com-empat-siswa-tak-hadir-di-hari-pertama

Empat murid SMP di Tabanan tidak hadir di hari pertama ujian nasional karena sakit. Di Tabanan masih ada tujuh SMP yang menggelar UNKP.

UNBK SMP di Kabupaten Tabanan


TABANAN, NusaBali
Empat siswa SMP di Kabupaten Tabanan tidak hadir mengikuti ujian nasional pada hari pertama, Senin (22/4), karena sakit. Dengan kondisi itu keempat siswa tersebut diharapkan bisa mengikuti ujian susulan. Keempat siswa yang tidak hadir tersebut adalah 2 siswa SMPN 2 Tabanan, 1 siswa SMPN 3 Tabanan, dan 1 siswa SMPN 4 Pupuan.

Kabid SMP Dinas Pendidikan Tabanan I Made Darmawita, menjelaskan di hari pertama ada empat siswa yang tidak mengikuti ujian nasional. Mereka seluruhnya tidak hadir karena sakit. “Alasannya semua sakit, saya belum tanya detail sakit mereka,” ujarnya, Senin (22/4).

Dengan kondisi siswa tersebut, mereka berkesempatan mengikuti ujian susulan. Ujian susulan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) diselenggarakan pada 8 – 9 Mei 2019, dan ujian susulan ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP) diselenggarakan pada 29 – 30 April 2019. “Sudah dijadwalkan, nanti kepala sekolah masing-masing tinggal menyesuaikan,” jelasnya.

Sementara itu pelaksanaan ujian SMP di Tabanan ditinjau langsung oleh Sekda Tabanan I Gede Susila bersama Asisten I Setda Tabanan Wayan Miarsana didampingi Kabid SMP I Made Darmawita. Tiga pejabat tersebut meninjau ke SMPN 1 Kerambitan.

Gede Susila mengatakan secara umum ujian di hari pertama lancar, tidak ada gangguan internet. “Seluruh sekolah yang mengadakan ujian lancar tidak ada gangguan internet, mati lampu, bahkan yang UNKP juga tidak ada masalah,” ujarnya.

Sedangkan terkait masih ada tujuh sekolah SMP yang gelar UNKP, Susila mengaku masih ada kendala terutama perangkat komputer yang kurang memadai. Selain itu jaringan internet jadi masalah. “Jadi ini kami akan berusaha maksimalkan nantinya,” imbuhnya.

Wayan Miarsana menambahkan, Tabanan telah melakukan persiapan matang untuk penyelenggaraan ujian nasional. Bahkan untuk soal UNKP sudah dikirim pada Sabtu (20/4) lalu sehingga tidak ada yang sampai kekurangan soal. “Semua perangkat telah dipersiapkan sejak awal,” ucapnya.

Tujuh sekolah yang masih gelar UNKP adalah SMPN 1 Kediri, SMPN 2 Tabanan, SMPN 2 Penebel, SMPN 3 Penebel, SMPN 2 Selemadeg, SMPN 2 Selemadeg Barat, dan SMPN 5 Pupuan.

Menurut Kabid SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan I Nyoman Darmawita, Minggu (21/4), tahun 2019 sebanyak 6.333 siswa SMP ikuti ujian nasional. Dari jumlah itu sebanyak 5.037 siswa mengikuti UNBK dan 1.297 murid mengikuti UNKP. *des

loading...

Komentar