nusabali

Salah Coblos Partai, Jari Dipotong

  • www.nusabali.com-salah-coblos-partai-jari-dipotong

Seorang pemilih yang kesal memotong jari telunjuknya setelah salah mencoblos partai politik

NEW DELHI, NusaBali

Menurut Daily Mail, 20 April 2019, Pawan Kumar mengatakan dia bingung dengan berbagai simbol pada mesin pemilihan elektronik dan keliru menekan tombol untuk Partai Bharatiya Janata (BJP) yang berkuasa ketika dia memberikan suara di negara bagian utara Uttar Pradesh pada hari Kamis.

Kumar mengatakan dalam sebuah video yang beredar di media sosial bahwa ia bermaksud memberikan suara untuk Partai Bahujan Samaj (BSP).

Kedua partai memiliki ideologi yang sangat berbeda. BJP yang memerintah adalah nasionalis Hindu dan konservatif, sedangkan BSP yang disukai Kumar menekankan keadilan sosial dan egalitarianisme.

Setelah mereka memberikan suara mereka, jari telunjuk pemilih ditandai dengan tinta untuk mencegah pemilih ganda.

Dalam video terlihat Kumar menggendong tangan yang dibalut perban sementara pisau besar terletak di lantai di dekatnya.

Kumar adalah Dalit, etnis minoritas yang secara historis telah ditindas oleh kelas atas dan merupakan basis pemilih penting untuk BSP.

"Saya ingin memilih gajah, tetapi saya memilih bunga secara tidak sengaja," katanya dalam video, merujuk pada logo partai, yang muncul di sebelah nama setiap kandidat pada mesin pemungutan suara seperti dilansir tempo.

BSP diwakili oleh gajah yang menghadap ke kiri, simbol kekuatan fisik, kemauan dan kedamaian. Simbol pemilihan BJP adalah lotus atau bunga nasional India. Ini juga memiliki akar dalam tradisi Hindu, dan mewakili Saraswati, dewi kebijaksanaan dan pendidikan.*

loading...

Komentar