nusabali

Abu Letusan Gunung Agung Landa Denpasar

  • www.nusabali.com-abu-letusan-gunung-agung-landa-denpasar

BPBD Imbau Masyarakat Gunakan Masker Saat Bepergian

DENPASAR, NusaBali

Kota Denpasar menjadi salah satu wilayah terkena paparan hujan abu Gunung Agung yang kembali mengalami erupsi pada Minggu (21/4) pukul 03.21 Wita.  Dengan kondisi itu, BPBD Denpasar langsung melakukan pembagian masker kepada masyarakat Denpasar.

Kalak BPBD Kota Denpasar, IB Joni Ariwibawa saat dikonfirmasi Minggu (21/4) pagi, membenarkan bahwa di beberapa wilayah Denpasar telah terjadi hujan abu akibat erupsi Gunung Agung. Hal ini lantaran angin berhembus ke arah barat daya. Guna menghindari adanya gangguan kesehatan yang mungkin ditimbulkan akibat hujan abu ini, BPBD Kota Denpasar turut menghimbau masyarakat untuk menggunkan masker saat beraktifitas. Hal ini lantaran partikel abu vulkanik sangat kecil dan berbahaya jika memasuki saluran pernafasan.

“Kami menghimbau masyarakat untuk menggunakan masker dalam melaksanakan aktifitas, sehingga dapat meminimalisir partikel abu vulkanik yang masuk ke saluran pernafasan,” terangnya.

IB Joni berharap masyarakat untuk tetap waspada. Mengingat saat ini memasuki bulan-bulan dimana angin berhembus ke arah barat daya, sehingga jika Gunung Agung kembali mengalami erupsi, tidak menutup kemungkinan wilayah Denpasar kembali akan terdampak hujan abu. “Mari kita tingkatkan kewaspadaan bersama untuk selalu memaksimalkan langkah antisipasi, karena saat ini angin dominan berhembus ke arah barat daya,” paparnya.

Sementara itu, pihaknya juga telah mengeluarkan imbauan jika kembali terjadi hujan abu di wilayah Kota Denpasar agar warga tidak panik dan menggunakan masker. “Kalaupun ada hal-hal yang kiranya darurat dapat menghubungi Call Canter 112,” tambahnya. *mis

Komentar