nusabali

Ratusan Emak Berkebaya Touring dengan Vespa

  • www.nusabali.com-ratusan-emak-berkebaya-touring-dengan-vespa

Peringati Hari Kartini

KEDIRI, NusaBali

Peringati Hari Kartini, 100-an perempuan yang tergabung dalam Forum Scooterist Kediri keliling Kota Kediri dalam event Kartini Day Riding. Mereka mengendarai Vespa. Karena ini hari Kartini, busana yang mereka kenakan adalah busana tradisional. Sebagian besar dari mereka mengenakan kebaya sambil mengendarai aneka ragam jenis vespa, mulai dari yang kuno hingga Vespa matik terbaru.

Dengan mengambil start di Jembatan Lama Kota Kediri, mereka melanjutkan perjalanan berkeliling Kediri. Rombongan juga sempat berhenti dan berfoto bersama di Monumen Simpang Lima Gumul Kabupaten Kediri.

Para Kartini modern ini ingin memperkenalkan diri kepada masyarakat umum dan menunjukkan tidak hanya kaum pria yang bisa mengendarai vespa. Sebelum mulai berkeliling (touring), mereka memilih titik kumpul di Jembatan Lama Kota Kediri. Ini lantaran, jembatan yang berusia 1,5 abad ini dinilai menjadi ikon Kota Kediri serta mudah dijangkau.

Tyas (21) salah seorang peserta touring Vespa Kartini Day berharap di hari Kartini ini kaum perempuan Indonesia semakin mandiri.

"Semoga di hari Kartini ini kaum perempuan semakin maju, mandiri, dan maju dengan komunitas otomotif seperti vespa Kediri ini," ucap Tyas, Minggu (21/4) seperti dilansir detik.

Beberapa dari Kartini modern ini juga mengikut sertakan anak mereka. Tak mau kalah, anak-anak yang hadir juga mengenakan kebaya lengkap dengan sanggul di kepala.

Ketua panitia Kartini Day Riding, Dewi Sekartaji mengaku kegiatan Kartini Day Riding ini menyambut kegiatan Kediri Scooter Festival ke-4 yang akan digelar Agustus mendatang. Selain itu ia berharap dengan Kartini day Riding ini, peran serta perempuan semakin maju, baik untuk pembangunan Indonesia dan Kediri pada khususnya, melalui Vespa kita maju membangun negeri.

"Kegiatan ini adalah kegiatan pertama kita menyambut Kediri Scooter Festival ke-4 di Kediri Agustus mendatang. Sekaligus dengan Vespa kaum perempuan dapat semakin menunjukkan emansipasi dan peran sertanya membangun bangsa Indonesia dan Kediri," tegas Dewi.

Usai Touring berkeliling Kediri, Ratusan perempuan peserta Kartini Day dan kaum pria yang juga ikut touring mengakhiri kegiatannya di Hutan Kota Joyoboyo sambil melepas lelah dan berbagi hadiah demi kebersamaan antar komunitas. *

Komentar