nusabali

MKKS SMP Badung Harapkan UNBK Lancar

  • www.nusabali.com-mkks-smp-badung-harapkan-unbk-lancar

Ujian nasional berbasis komputer (UNBK) jenjang pendidikan sekolah menengah pertama (SMP) serentak digelar secara nasional, Senin (22/4) hari ini.

MANGUPURA, NusaBali

Untuk tahun ajaran 2018/2019, kali pertama seluruh SMP di Badung dapat mengikuti UNBK.  Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Badung AA Putu Oka Sujana, mengatakan dengan berbagai upaya yang dilakukan pemerintah daerah dan pihak terkait, akhirnya seluruh SMP di Badung dapat mengikuti UNBK. “Tahun lalu masih ada 11 sekolah yang ikut UNKP. Tapi tahun ini 100 persen UNBK,” katanya, Minggu (21/4).

Sujana mengatakan, seluruh persiapan untuk mengikuti UNBK sudah dilakukan secara matang. Sarana dan prasarana penunjang di masing-masing sekolah pun sudah siap. “Tahun ini jaringan internet langsung di Diskominfo Badung, dan sudah pula disinkronisasi,” ungkapnya.

Walau begitu, dia berharap tidak terjadi kendala selama pelaksanaan UNBK. “Astungkara semua berjalan lancar,” harapnya.

Disinggung kesiapan siswa mengikuti UNBK, Sujana yang juga Kepala SMPN 2 Kuta Utara itu memastikan tidak ada masalah. Hal ini karena jauh-jauh hari siswa telah diberikan pembekalan serta try out mata pelajaran yang akan diujikan. Begitu pula secara teknis dalam penggunaan perangkat komputer, sudah tidak ada masalah.

Untuk diketahui, berdasarkan data dari Disdikpora Badung, peserta UNBK tercatat sebanyak 9.957 siswa. Terdiri dari 7.201 siswa dari SMP negeri, dan 2.756 siswa dari SMP swasta.

Kepala Disdikpora Kabupaten Badung I Ketut Widia Astika dalam beberapa kesempatan menegaskan jika seluruh SMP di Badung sudah siap 100 persen melaksanakan UNBK. “Sarana dan prasarana pendukung sudah memadai. Begitu juga sekolah swasta sudah menyiapkan diri, sehingga siap mengikuti UNBK,” katanya.

Adapun jadwal UNBK jenjang SMP, hari pertama Senin (22/4) mata pelajaran Bahasa Indonesia. Selasa (23/4) mata pelajaran Matematika, Rabu (24/4) mata pelajaran Bahasa Inggris, dan Kamis (25/4) mata pelajaran IPA. Sementara, untuk jadwal ujian susulan pada Senin (29/4), sesi pertama mata pelajaran Bahasa Indonesia, sesi kedua adalah Matematika. Hari berikutnya, Selasa (30/4), sesi pertama mata pelajaran Bahasa Inggris, dan sesi kedua mata pelajaran IPA. *asa

Komentar