nusabali

OJK Undang Investor Inggris

  • www.nusabali.com-ojk-undang-investor-inggris

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengundang investor Inggris untuk menggenjot investasinya di pasar keuangan Indonesia yang sedang tumbuh pesat.

LONDON, NusaBali

Ajakan itu disampaikan Wimboh Santoso dalam Indonesia Executive Forum 2019, di London, Inggris Raya untuk memberikan update terkini perekonomian Indonesia, sekaligus mengundang investor Inggris berinvestasi di Indonesia.

Direktur Eksekutif YIPA Inggris Raya,Steven Marcelino, Kamis (18/4), mengatakan forum yang dihadiri puluhan investor dan direktur kawakan Inggris ini diadakan Young Indonesian Professionals’ Association (YIPA) Inggris Raya bekerja sama dengan Bank Indonesia London, Institute of Directors (IoD) London, Accenture dan Prudential.

Lebih lanjut Wimboh Santoso menyampaikan perekonomian Indonesia yang tumbuh pada angka 5.17 persen year of year (YoY) di 2018, paling tinggi ketiga di antara negara-negara G20 setelah India dan Tiongkok, membuktikan Indonesia memilki fundamental ekonomi makro yang solid.

Indonesia mampu keluar dari tekanan dinamika global dari normalisasi suku bunga dan tensi perang dagang AS Tiongkok. Sejak awal tahun 2019 nilai tukar rupiah (IDR) mulai stabil dan kinerja indeks harga saham gabungan (IHSG) terus meningkat bersamaan dengan masuk modal asing seiring positifnya persepsi investor global terhadap prospek ekonomi Indonesia. Tingkat inflasi Indonesia juga stabil dan cukup rendah berada di level 2.48 persen pada Maret.

Chairman Institute of Directors David Stringer-Lamarre mengatakan direktur dan pengusaha di London dan Distrik City of London terbangun akan peluang investasi di Indonesia yang begitu luar biasa. London terbuka untuk bisnis dan tekad untuk membangun hubungan dengan Indonesia yang perekonomiannya terbesar di kawasan ASEAN.. City of London adalah jantung industri pasar keuangan dan komersial di Inggris.

Direktur Eksekutif Jardine Matheson Holdings Lord James Sassoon dan Direktur Prudential Group untuk Regulatory and Government Relations Julian Adams bergabung sebagai panelis Lord Sassoon yang pernah menjabat sebagai Treasury Minister di Inggris sejak 2010-2013 kagum atas prestasi Indonesia yang mampu melakukan diversifikasi dalam financial market development.

Jardine melalui subsidiari di Indonesia, Astra International dan berbagai anak bisnis industri perbankan, asuransi dan leasing bertumbuh cukup baik dikarenakan demografi yang sehat dan regulasi yang kondusif.

Lord Sassoon mengingatkan Indonesia pun dapat menarik modal yang cukup besar untuk membantu pembangunan infrastruktur di Indonesia dari global IDR-denominasi Komodo Bonds dengan listing di London Stock Exchange. Beberapa BUMN memanfaatkan instrumen Komodo Bonds yaitu PT Jasa Marga dan PT Wijaya Karya.

Julian Adams mempaparkan penting peran asuransi memobilisasi investasi jangka panjang dan turut berkontribusi dalam pertumbuhan sektor keuangan di Indonesia. Forum berlangsung di markas besar Accenture UK, dihadiri Chief Executive Bank Mandiri Europe Ltd Nyoman Suarja, dan General Manager Bank Negara Indonesia London Branch, Ujuan Marihot sebagai representasi dari bank BUMN yang mendukung misi YIPA untuk meningkatkan jaringan bisnis dan investasi antara Indonesia dan Inggris Raya, serta Direktur Bank Indonesia London Donny Hutabarat.*ant

Komentar