nusabali

UPT Puskesmas Abiansemal Wakili Badung ke Provinsi

  • www.nusabali.com-upt-puskesmas-abiansemal-wakili-badung-ke-provinsi

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskemas Abiansemal mewakili Kabupaten Badung dalam Lomba Puskesmas Berprestasi Tingkat Provinsi Bali Tahun 2019.

MANGUPURA, NusaBali
Penilaian oleh Tim Penilai Provinsi Bali dilaksanakan, Kamis (18/4). Kedatangan tim diterima Kadis Kesehatan Badung dr Gede Putra Suteja, Camat Abiansemal IGN Suryajaya, serta Kepala UPT dr I Gede Jaya Putra.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr Kadek Iwan Darmawan, selaku ketua tim pembina mengatakan, lomba puskesmas berprestasi tingkat provinsi Bali ini merupakan kegiatan rutin dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali untuk menilai kemampuan dan standar-standar puskesmas. Menurutnya ada tiga aspek yang dinilai meliputi, upaya kesehatan masyarakat, upaya kesehatan perorangan dan administrasi puskesmas yang harus sesuai dengan standar.

Selain itu, katanya, puskesmas harus mempunyai inovasi seperti inovasi elektronik digital, revolusi industri yang dikembangkan untuk pelayanan yang optimal dan kedepan pelayanan mampu mencakup semua lapisan masyarakat. “Kami harapkan puskesmas mampu memberikan pelayanan yang berkualitas, bermutu dan tentunya berstandar,” jelasnya.

Ditambahkan, lomba ini mulai dilaksanakan dari tingkat kabupaten, tim kabupaten menilai puskesmasnya untuk diajukan untuk lomba tingkat provinsi. Pemerintah Provinsi selanjutnya menilai puskesmas terbaik dari masing-masing daerah untuk mencari yang terbaik guna dibina untuk lomba tingkat nasional. “Bagi puskesmas yang menjadi juara akan diberikan penghargaan, piagam dan uang. Juara I mendapat 20 juta, juara II 16 juta dan juara III 12 juta,” ungkapnya.

Sementara, Kadis Kesehatan Badung dr Gede Putra Suteja mewakili Bupati Badung mengatakan, pelayanan Puskesmas Abiansemal II mencakup 5 desa yaitu Jagapati, Angantaka, Sedang, Mambal dan Mekar Bhuana dengan jumlah penduduk mencapai 21 ribu lebih. Pelayanan yang diberikan, Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP). Kedepan diharapkan puskesmas ini menjadi puskesmas perawatan. “Kami akan tingkatkan pelayanan Puskesmas Abiansemal II menjadi puskesmas perawatan, karena dibelakang masih ada lahan untuk dibangun guna mendukung pelayanan tersebut,” ungkapnya. *asa

Komentar