nusabali

TPS di Geriana Kangin Dijaga 'Celuluk'

  • www.nusabali.com-tps-di-geriana-kangin-dijaga-celuluk

TPS 4 di SD Negeri 1 Duda Utara, Banjar Geriana Kangin, Desa Duda Utara, Kecamatan Selat, Karangasem, dijaga 'makhluk gaib’ berupa hiasan patung celuluk.

AMLAPURA, NusaBali

Sebanyak 162 pemilih yang hendak menyalurkan hak politiknya awalnya kaget menyaksikan celuluk di depan pintu TPS. Namun akhirnya hiasan itu jadi tempat selfie setiap pemilih yang telah menyalurkan aspirasinya.

Sebenarnya hiasan dengan tampang menyeramkan berwajah celuluk atau leak gundul itu menurut Kasek SDN 1 Duda Utara, I Made Suda, telah ada sejak tahun 2016 lalu. "Patung celuluk itu dibuat siswa dan guru mata pelajaran seni dan budaya jelang Lomba Wiyata Mandala Tingkat Nasional Tahun 2016. Menggunakan bahan daur ulang," jelas Suda dihubungi di TPS 4 SDN 1 Duda Utara, Banjar Geriana Kangin, Desa Duda Utara, Kecamatan Selat, Karangasem, Rabu (17/4).

Suda menceritakan, patung celuluk dibuat atas ide guru seni dan budaya, I Gede Suberata bersama sejumlah siswa. Patung celuluk itu kemudian dipajang di aula sekolah sebagai karya inovasi jelang Lomba Wiyata Mandala 2016.

Saat coblosan kemarin, patung celuluk itu dikeluarkan dan dipajang di pintu ruangan TPS 4. Di bagian leher patung dikalungi tulisan TPS 4. Kebetulan perancang patung, Gede Suberata yang juga guru SDN 1 Duda Utara dipercaya sebagai Ketua KPPS di TPS 4 melayani 162 pemilih.

Di SDN 1 Duda Utara itu sebenarnya dibangun empat TPS. TPS 1 dengan 256 pemilih, TPS 2 dengan 256 pemilih, dan TPS 3 dengan 164 pemilih. Di empat TPS itu begitu cepat menghitung surat suara. Terhitung pukul 14.00-18.00 Wita, telah tuntas menghitung surat suara pilpres, DPR RI, dan DPD RI. *k16

loading...

Komentar