nusabali

90 Persen Caleg Tabanan Sudah Tangkil

  • www.nusabali.com-90-persen-caleg-tabanan-sudah-tangkil

Jero Mangku Kasub menuturkan, Pura Luhur Puser Tasik dipercaya sebagai tempat memohon keselamatan. Sebagian besar caleg di Pemilu 2019 sudah tangkil ke pura tersebut.

Pura Luhur Puser Tasik di Tabanan  


TABANAN, NusaBali
Sejumlah calon legislatif (caleg) asal Kabupaten Tabanan sebelum Pemilihan Umum 2019 tangkil ke Pura Luhur Puser Tasik yang berlokasi di Jalan Gunung Batur, Desa Delod Peken, Kecamatan/Kabupaten Tabanan. Mereka tangkil sebagian besar untuk memohon keselamatan supaya tenang menghadapi Pemilu 2019.

Jro Mangku Gede Pura Luhur Puser Tasik, I Nengah Kasub Dukuh Sakti (DS), 82, sebagian besar pejabat atau orang penting di Tabanan maupun luar Tabanan sempat tangkil ke Pura Luhur Puser Tasik Tabanan. Mereka tangkil untuk memohon keselamatan, kesehatan, dan kelancaran Pemilu 2019. “Kalau caleg asal Tabanan sudah 90 persen tangkil,” ujarnya, Selasa (16/4).

Jro Mangku Kasub menjelaskan, caleg asal Tabanan satu per satu mulai berdatangan tangkil ke Pura Luhur Puser Tasik sejak tiga bulan terakhir. Bahkan hingga Senin (15/4) sore masih ada caleg yang sembahyang. “Biasanya mereka tangkil dengan membawa pejati,” imbuhnya.

Jero Mangku Kasub menuturkan, Pura Luhur Puser Tasik dipercaya sebagai tempat memohon keselamatan, selain itu menurut penuturan krama yang tangkil ke Pura Luhur Puser Tasik, dikatakan hawanya berbeda dengan yang lain. Bahkan krama yang tangkil mengatakan jika tangkil ke Pura Luhur Puser Tasik apa yang diharapkan selalu terwujud. “Ini penuturan krama yang tangkil,” tuturnya.

Namun Jro Mangku Kasub menegaskan para caleg yang datang bertujuan hanya satu, agar pelaksanaan pemilu berjalan damai. Terkadang ada juga pamedek yang tangkil sungkem di salah satu palinggih di Pura Luhur Puser Tasik.

“Orang-orang besar (pejabat) semua pernah tangkil ke sini. Mereka satu tujuan, untuk memohon keselamatan dan kedamaian bumi ini,” ucap Jro Mangku Kasub yang sudah menjadi pemangku sejak tahun 1982. *des

loading...

Komentar