nusabali

Rai Mantra Cek Kesiapan TPS

  • www.nusabali.com-rai-mantra-cek-kesiapan-tps

Sebanyak 1.747 TPS di Denpasar  tersebar di empat kecamatan dengan 464.132 masyarakat yang telah terdaftar dalam DPT.

Ingatkan Warga Kota Agar Tidak Golput


DENPASAR, NusaBali
Memasuki H-1 Pemilu 2019, Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra meninjau Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 8 lokasi di 4 kecamatan, Selasa (16/4). Pemantauan tersebut terkait kesiapan penyelenggaraan pemilu yang akan berlangsung Rabu (16/4) ini.

Rai mantra mengingatkan kepada KPU untuk melengkapi segala kekurangan penyelenggaraan pemungutan suara agar tidak ada permasalahan saat pencoblosan. Segala aspek yang diperlukan dirampungkan hingga H-1, sebab saat ini pemilihan paling berbeda dari sebelumnya yang menggunakan 5 kertas suara berbeda. Sehingga, kesiapan baik petugas dan perlengkapan harus dimaksimalkan.

Dua TPS pertama yang dikunjungi bersama Ketua KPU Kota Denpasar, I Wayan Arsa Jaya, Ketua Bawaslu Kota Denpasar, I Putu Arnata serta pimpinan Forkompinda Kota Denpasar di TPS 9 dan 10 Sumerta, Banjar Abiankapas Klod, Kelurahan Sumerta, Denpasar Timur yang dilanjutkan dengan melaksanakan peninjauan TPS di Banjar Kayumas Klod. "Kesiapan kita lihat sudah baik, namun ada beberapa yang masih harus dilengkapi terutama pada denah pemilihan yang kita belum ketahui," jelas Rai Mantra.

Rai Mantra juga mengingatkan masyarakat untuk tetap menggunakan hak pilih di TPS. Hal ini karena pemilu merupakan tonggak penting dalam menentukan arah pembangunan kedepan. “Iya harus menggunakan hak pilih, jangan Golput, karena Pemilu sangat penting sekali dan kita harus berperan aktif karena pembangunan-pembangunan ini tergantung kita,” jelas Rai Mantra.

Selain wajib menggunakan hak pilih serta tidak golput, Rai Mantra juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga ketertiban, emosional serta kondusifitas selama proses pemungutan suara. “Kita harus gunakan hak pilih semuanya dan juga jaga ketertiban, serta yang paling penting itu kondusifitas harus dijaga, emosional itu harus diturunkan dulu. Percayakan semuanya pada petugas,” paparnya.  

Sermentara, Ketua KPU Kota Denpasar, I Wayan Arsa Jaya mengatakan bahwa  kesiapan seluruh TPS yang jumlahnya sebanyak 1.747 yang tersebar di empat kecamatan ini telah dilakukan pemantauan melalui PPK, PPS. Sehingga kemungkinan terjadinya masalah dapat diminimalisir. Selain itu, pihaknya juga telah memastikan 464.132 masyarakat yang telah terdaftar dalam DPT dapat menggunakan hak pilihnya. Sedangkan pemilih yang menggunakan Form A5 atau pindah memilih masih dalam proses pendataan yang kini jumlahnya mencapai 6.000 lebih.

“Dengan segala persiapan yang terus kami maksimalkan, tentunya kami berharap pelaksanaan pemilu tahun 2019 ini dapat berjalan lancar, sukses dan kondusif, serta tentunya sesuai dengan aturan dengan tetap menjunjung tinggi asas langsung, umum, bebas, dan rahasia,” terangnya. *mis

Komentar