nusabali

80 Siswa Paket C Ikuti UNBK Susulan

  • www.nusabali.com-80-siswa-paket-c-ikuti-unbk-susulan

Setelah hari terakhir UNBK (ujian nasional berbasis komputer) di Karangasem, Senin (15/4), ada 80 siswa yang absen UNBK dengan berbagai alasan.

AMLAPURA, NusaBali

Maka mereka minta ikut UNBK susulan, 26 – 30 April 2019.  ‘’Kami sangat berharap agar saat ujian susulan, semua dari mereka bisa hadir, sehingga bisa tamat tahun ini,’’ jelas Kepala Dsdikpora Karangasem I Gusti Ngurah Kartika di Amlapura, Senin (15/4).

Disebutkan, dari 11 lembaga kelompok belajar pada hari pertama UNBK, Jumat (12/4), peserta UNBK yang hadir 226 siswa, dan tidak hadir 78 siswa. Hari kedua dan ketiga, Sabtu - Minggu (13 - 14/4) hadir 224 siswa, tidak hadir 80 siswa. Hari terakhir, Senin (15/4) yang hadir 239 siswa dan tidak hadir 65 siswa. Banyaknya siswa tidak hadir dengan berbagai alas an. Kebanyakan karena tidak dapat izin dari tempatnya bekerja, sakit, dan menunggui anak sedang opname di rumah sakit. Padahal saat USBN (ujian sekolah berstandar nasional) semua siswa hadir.

Pengelola PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Program Kesetaraan Paket C setara SMA, Pelita Aksara Banjar Samuh, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, I Made Redana mengatakan, siswa ikut UNBK 42 siswa, namun yang datang 31 siswa. UNBK dilaksanakan numpang di SMAN Manggis, di Banjar Belong, Desa Ulakan, Kecamatan Manggis. "Ada 11 siswa tidak hadir, dengan alasan tidak dapat izin dari tempatnya bekerja. Kami berharap, 11 siswa itu hadir saat ujian susulan, itu pun kalau ada ujian susulan," harap I Made Redana.

Alasan serupa juga dialami PKBM Yowana Sastra Desa Menanga, Kecamatan Rendang, seperti diungkapkan pengelola I Made Tinggen. Dari 37 siswa, 9 siswa tidak hadir dengan alasan tidak dapat izin dari tempatnya bekerja, "Mereka bekerja di luar Karangasem dengan alasan tidak dapat izin dari tempatnya bekerja, sehingga memilih tidak hadir di UNBK," katanya.

Berbeda dengan kondisi di PKBM Amertha Yulia Ganesha, Banjar Kubakal, Desa Pempatan, Kecamatan Rendang diutarakan pengelola I Wayan Mertayasa, dari 32 siswa, sebanyak 9 siswa absen. "Sebagian tidak dapat izin dari tempatnya bekerja, ada juga yang menunggui anaknya opname di rumah sakit. Mudah-mudahan di ujian susulan, mereka bisa datang," harapnya.

Satu siswa yang tidak hadir, berasal dari PKBM Mandiri Bina Cipta, dengan alasan sakit. Selebihnya siswa yang tidak hadir juga dengan alasan memilih bekerja.

Walau jadwal UNBK susulan telah ditetapkan, tetapi belum ada pengumuman secara detil dan tempat ujian susulan berikutnya. *k16

Komentar