nusabali

Kasatlantas Lantik Anggota PKS SMAN 1 Amlapura

  • www.nusabali.com-kasatlantas-lantik-anggota-pks-sman-1-amlapura

Kepala Satuan Lalulintas (Kasatlanbas) Polres Karangasem AKP Ni Luh Putu Annie Parwisti melantik anggota PKS (Patroli Keamanan Sekolah) SMAN 1 Amlapura, masa bhakti 2019-2020.

AMLAPURA, NusaBali

Pelantikan dilakukan usai apel bendera di halaman SMAN 1 Amlapura, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Senin (15/4). Kasatlantas AKP Parwisti menekankan, tugas-tugas PKS sangat membantu tugas-tugas kepolisian, terutama dalam hal menyeberangkan siswa saat ke luar masuk sekolah. Selain itu, menyosialisasikan rambu-rambu larangan Satlantas Polres Karangasem, serta menjadi perpanjangan tangan kepolisian. PKS juga tugasnya menjaga ketertiban dan keamanan sekolah, memantau tindakan-tindakan negatif yang terjadi di internal sekolah, dan yang lain-lainnya.

PKS katanya juga memiliki janji disiplin dalam bertugas, yang disebut Hasta Prasetya PKS, sedangkan motto PKS yakni, senyum, sapa dan salam. “Jadi PKS dibentuk agar ikut aktif membantu tugas polisi, dalam memelihara ketertiban dan keamanan masyarakat,” jelas AKP Parwisti.

Disebutkan, siswa yang dilantik yakni jajaran anggota PKS guna memperkuat tugas-tugas pengurus yang sebelumnya telah terbentuk. Anggota yang dilantik sebelumnya melalui pelatihan cukup panjang. Sehingga disiplin, kemampuan dan dedikasinya telah teruji, dan dinyatakan layak masuk anggota PKS.

Kasek SMAN 1 Amlapura Wayan Sugiana merasa bangga, telah terbentuk anggota PKS yang baru, guna memperkuat pengurus PKS telah dilantik secara resmi Kasatlantas Polres Karangasem, sebelumnya. Setidaknya agar secara kualitas meningkat, setelah sebelumnya menjalani pendidikan disiplin berlalulintas, dan tata cara menjalankan keamanan di internal sekolah.

Sebab, lanjut Sugiana, begitu banyaknya siswa dan luasnya wilayah sekolah, tidak mungkin mampu diawasi pihak guru. “Makanya keberadaan PKS sangat penting, untuk membantu menyeberangkan siswa atau yang hendak pulang dari sekolah. Menjaga keamanan di sekolah, mencegah hal-hal yang mengarah negatif di sekolah, adalah tugas dibebankan kepada PKS,” katanya.

Paling tidak lanjut Sugiana, dari sisi disiplin siswa, ada peningkatan setelah aktif di PKS. Begitu juga siswa yang ikut PKS, agar mengetuktularkan norma-norma disiplin. Sebab, di pendidikan salah satunya yang mengantar menuju kesuksesan tidak lepas dari disiplin. Disiplin bisa dimulai dari diri sendiri. Misalnya disiplin belajar yang sungguh-sungguh, mesti muncul dari diri sendiri.

Segenap pengurus PKS katanya, tugasnya, setiap pagi sebelum memulai jam pelajaran, berjaga-jaga di depan sekolah, untuk membantu menyeberangkan siswa yang baru datang menuju ke sekolah. Selanjutnya di sore hari saat pulang sekolah, kembali berjaga-jaga melancarkan arus lalulintas di depan sekolah. “Makanya, hanya siswa yang disiplin, dapat tugas bergabung di PKS,” tambah Sugiana.

PKS SMAN 1 Amlapura dipimpin I Made Agus Arianta Darma Wijaya, dibantu Wakil Ketua I Gusti Ngurah Sirent Jenyharta, Sekretaris Ni Komang Sri Witari dan Bendahara Ni Komang Serina Dewi. *k16

Komentar