nusabali

Sekardadi Tunda Renovasi Kantor Desa

  • www.nusabali.com-sekardadi-tunda-renovasi-kantor-desa

Bangunan Kantor Desa Sekardadi, Kecamatan Kintamani, Bangli, tergolong sudah berumur.

BANGLI, NusaBali

Namun pihak desa belum merencanakan renovasi kantor tersebut. Karena pihak desa beranggapan masih banyak program lain yang menjadi skala prioritas.

Disisi lain, sejumlah desa berlomba membangun kantor desa dengan anggaran besar. Perbekel Sekardadi I Wayan Suardana Yasa mengatakan untuk kantor desa ini dibangun tahun 1990. Kemudian karena faktor usia, di beberpa titik atap terjadi kebocoran saat hujan. “Beberapa ruangan memang sempat bocor, tapi kami siasasi dengan perbaikan sedikit-sedikit,” ungkapnya.Minggu (14/4).

Sebutnya, jika melihat usia banguanan hampir 30 tahun memang sudah layak dilakukan peremajaan. Hanya saja untuk sementara ini pihaknya belum mengarah untuk pembangunan kantor baru. “Belum direncanakan membangun kantor baru, kami fokus  dulu pada peningkatan fasilitas umum, untuk infrastruktur seperti jalan usaha tani," ujarnya.

Jika dipaksakan dengan anggaran yang ada, jelas dia, bisa saja membanguan kantor yang baru, namun pihaknya tidak ingin kantornya bagus atau megah tapi kondisi layanan untuk warganya belum optimal. "Kami tidak ingin kantor saja yang bagus tapi infrastruktur lain kurang," tandasnya. Disisi lain pihaknya ancang-ancang bisa melakukan renovasi kantor desa pada tahun depan.

Disinggung  untuk jumlah KK miskin, Wayan Suardana menyampaikan  untuk desa Sekardadi terdiri tiga dusun yakni Dusun  Tinge, Pule, dan Sekardadi  dengan jumlah penduduk sebanyak 600 KK atau 2000 jiwa. “Untuk jumlah KK miskin masih 31 KK dan kami berkeyakinan jumlahnya akan  menurun,” ujarnya.

Wayan Suardana membeberkan untuk tahun 2019 pendapatan desa bersumber dari pendapatan asli desa Rp 2.434.000, Dana Desa Rp 801.000.000, Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Rp 70.405,000.  Alokasi Dana Desa  Rp 1.362.018.000,  Bantuan Keuangan Provinsi Rp 450.000.000 dan  bantuan keuangan kabupaten/ kota sebesar Rp 1.327.542.70. *esa

loading...

Komentar