nusabali

Disdukcapil Diserbu Pemilih Pemula

  • www.nusabali.com-disdukcapil-diserbu-pemilih-pemula

Pemilu serentak, 17 April 20019, tinggal menghitung hari.

GIANYAR, NusaBali

Antusias masyarakat untuk menggunakan hak pilih pun diprediksi meningkat. Pemilih pemula pun tak mau ketinggalan, terutama bagi mereka yang baru bisa mendapatkan e-KTP, April 2019.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Gianyar pun membuka pelayanan ekstra di hari libur, Sabtu dan Minggu. Kepala Disdukcapil Gianyar Putu Gede Bhayangkara didampingi oleh Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, Ni Ketut Wirati, Minggu (14/4) menjelaskan, langkah tersebut sudah dilakukan sejak minggu pertama April 2019. “Kegiatan ini sudah kami lakukan sejak awal bulan ini menjelang pemilu. Kami terus mengejar warga yang melum perekaman e-KTP dan sudah memiliki hak pilih,” terangnya.

Dijelaskan Bhayangkara, penambahan jam pelayanan pada hari libur itu dari pukul 08.00 - 14.00 Wita. Hasil perekamannya selama penambahan hari kerja yakni 15 pencetakan e-KTP. Selain di kantor, juga dilakukan jemput bola pada hari libur di Kantor Desa Tampaksiring dan Rutan Gianyar.

“Hasil perekaman di kantor khusus Sabtu dan Minggu ada 15 pencetakan. Sedangkan di Rutan perekaman 24 orang, sedangkan pencetakan ada 20 karena ada datanya yang ganda. Bahkan ada juga yang datanya tidak ada di Sistem  Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK),” imbuhnya.  

Salah seorang warga Wayan Punia datang ke Kantor Disdukcapil untuk mengurus Kartu Identitas Anak (KIA) anaknya. Lantaran beberapa waktu lalu telah melakukan perekaman, ia bermaksud untuk mencari KIA yang sudah dicetak tersebut. *nvi

Komentar