nusabali

Panitia Larang Pamedek Pakai Plastik

  • www.nusabali.com-panitia-larang-pamedek-pakai-plastik

Pujawali di Pura Samuan Tiga, Bedulu

GIANYAR, NusaBali

Karya Pujawali Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Kahyangan Jagat Samuan Tiga, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, akan berlangsung, Wraspati Pon Wayang, Kamis (18/4). Panitia karya minta kepada para pamedek tak memakai plastik baik untuk nunas (mohon) tirta maupun wadah bunga untuk ngaturang bhakti.

Ketua Paruman Pura Samuan Tiga I Wayan Patera, di sela sela prosesi Nyangling, Minggu (14/4), di pura setempat, mengatakan panitia karya sangat mentaati Peraturan Gubernur Bali No. 97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai. ‘’Tak hanya di tempat umum lainnya, di pura pun kita harus taat aturan ini. Karena sampah plastik sangat berbahaya buat kita dan anak cucu kita ke depan. Pura juga agar bersih,’’ jelas mantan Perbekel Bedulu ini.

Wayan Patera mengimbau para pamedek membawa wadah tirta dari rumah, bukan jenis plastik sekali pakai. Langkah ini penting untuk mencegah timbulan sampah plastik. ‘’Saya yakin semua pamedek punya wadah tirta dan bunga. Mari kita jaga lingkungan agar lestari,’’ jelasnya.

Lanjut dia, prosesi Pujawali di pura yang merupakan tempat tercetusnya desa pakraman dan Pura Kahyangan Tiga ini, sudah mulai sejak 4 April 2019. Diawali Nyambut Karya, Pangerauh, Negtegang, Nyangling, upacara Buta Yadnya, dan Kamis (18/4) Puncak Karya Pujawali. Sejak Umanis Pujawali dilaksanakan Bhakti Panganyar, lanjut Ida Bhatara budal (kembali) ke masing-masing pura, Minggu (21/4) . Bhakti Panganyar akan dilaksanakan oleh Pemprov Bali, Pemkab/kota se Bali, secara bergiliran. Untuk Pujawali ini, prosesi Melis dilaksanakan Ngubeng atau di Beji Pura. Ida Bhatara masineb 30 April 2019.

Wayan Patera menambahkan, persiapan upacara ini melibatkan 11 banjar adat pangemong. Banjar dimaksud yakni Banjar Wanayu, Banjar Mas, Banjar Taman,  Banjar Tengah Bedulu, Banjar Batulumbang, Banjar Lebah,  Banjar Goa,  dan Banjar Marga Bingung di Desa pakraman Bedulu serta Banjar Tengkulak Kaja,  Tengkulak Kaja Kangin, Tengkulak serta Banjar Tengkulak Kaja Kauh di Desa Pakraman Tengkulak.

Setiap harinya sejak upacara nyambut karya dilibatkan pengayah satu banjar warga istri ditambah satu banjar lanang secara bergantian. *lsa,nvi

Komentar