nusabali

Peserta Seminar ICBME Kunjungi Puri Ubud

  • www.nusabali.com-peserta-seminar-icbme-kunjungi-puri-ubud

13 peserta seminar International Conference on Biosciences & Medical Engineering (ICBME) di Universitas Udayana (Unud) Denpasar, 11 – 12 April 2019, berkunjung ke Puri AgungUbud, Gianyar, Sabtu (13/4) sore.

GIANYAR, NusaBali

Para tetamu dari sejumlah Negara ingin mengetahui secara mendalam tentang perkembangan pariwisata Bali dan Ubud khususnya, yang bercikal bakal dari puri setempat.

Dari 13 tetamu tersebut tiga orang di antaranya selaku pembicara seminar ICBME. Mereka yakni Prof Nakamura dari Kyoto, Jepang, Prof Lin dari Missouri, USA, dan Prof Fahrul dari Malaysia. Mereka dipandu Ida Bagus Wayan Gunam selaku Vice Chairman ICBME 2019 di Bali. Para tetamu tersebut disambut oleh salah seorang tokoh Puri Saren Agung Ubud, Tjokorda Gde Raka Sukawati alias Cok De di Ancaksaji puri setempat. Lanjut, Cok De yang undagi Bade dan Barong ini langsung memandu mereka dengan penuh hangat. Satu per satu sudut bangunan puri yang berarsitektur Bali kental itu dijelaskan Cok De. Mulai dari candi terluar hingga bangunan terdalam di belakang Gedong Betel (tembus) Puri Saren Saren Agung serta Mrajan Puri Saren Agung. Cok De yang dosen Pascasarjana Fakultas Ekonomi Unud ini juga memaparkan tentang keberadaan Puri Agung Ubud yang setiap hari bisa dikunjungi para wisatawan, tanpa tiket masuk. Setiap wisatawan yang masuk juga diberi penjelasan tentang tata karma oleh petugas jaga di Ancaksaji.

‘’Sejak lampau keberadaan kami di puri ini tak terpisahkan dengan masyarakat. Kami di puri dan masyarakat punya ikatan emosional sangat kuat, kami menyatu. Apalagi dalam pelaksanaan upacara adapt Bali dan agama Hindu,’’ jelas adik kandung Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Arta Ardhana Sukawati alias Cok Ace ini.

Prof Nakamura mengaku merasa terhormat dapat berkunjung di Puri Agung Ubud, dan langsung disambut tokoh puri setempat. Dia bersama Prof Lin dari Missouri, USA, dan Prof Fahrul manyatakan kebanggaannya bisa mengetahui Ubud lebih dalam melalui tokoh Puri Agung Ubud. ‘’Kenangan ini tentu tak terlupakan buat kami,’’ jelas Prof Nakamura.  

Rombongan tetamu ini juga dijamu oleh Cok De di Gedong Betel Puri Saren Agung Ubud.  Selama di dalam puri, para tetamu ini semangat mengabadikan kunjungan mereka serta berpose dengan Cok De.  

Ida Bagus Wayan Gunam selaku Vice Chairman ICBME 2019, menyampaikan terima kasih kepada Cok De karena telah menyambut rombongan peserta ICBME ini dengan penuh hangat dan ramah. *lsa

loading...

Komentar