nusabali

Abhimanyu-Utari SMKN Bali Mandara Gelar Aksi Sosial

  • www.nusabali.com-abhimanyu-utari-smkn-bali-mandara-gelar-aksi-sosial

Ambalan Abhimanyu-Uttari Gerakan Pramuka Gugus Depan Buleleng 08.1079-08.1080, Pangkalan SMKN Bali Mandara, melaksanakan Peringatan Hari Bapak Pramuka Indonesia dan Kesiapsiagaan Bencana.

SINGARAJA, NusaBali

Kegiatan yang berlangsung  pada 12-13 April 2019, diisi dengan gerakan peduli lingkungan dan peduli sesama serta pelatihan pramuka siaga bencana.

Peringatan Hari Bapak Pramuka Indonesia, Sri Sultan Hamangku Buwono IX ini dibuka langsung oleh Bapak Camat Kubutambahan, Made Suyasa, di lapangan SMK Negeri Bali Mandara. Pada kesempatan itu hadir juga Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Buleleng, Ketua Pramuka Peduli Kwartir Cabang Buleleng, Kapolsek Kubutambahan, Danramil Kubutambahan, Ketua Dewan Kerja Ranting Kubutambahan, Kepala Desa Kubutambahan, Kepala Dusun Tukad Ampel, Kepala SMA/SMK se-Kecamatan Kubutambahan selaku Ka. Mabigus, Kepala SMPN 1 Kubutambahan, dan Kepala SDN 8 Kubutambahan.

Kepala SMKN Bali Mandara, I Wayan Agustiana, Sabtu (13/4) kemarin menjelaskan aksi peduli lingkungan yang dilakukan oleh ratusan pramuka yang berpangkalan di SMKN Bali Mandara merupakan program mendukung Peraturan gubernur Bali Nomor 97 Tahun 2018, Tentang pembatasan timbulan sapah plastik. Aksi tersebut juga merupakan derakan semesta berencana Bali Resik sampah plastik. “Kegiatan peduli lingkungann ini sebelumnya sudah dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah kami, melalui program Tiket Plastik (TiTik) yang tujuannya meminimalisasi sampah plastik di areal Sekolah,” ucap Agustina.

Ratusan pramuka penegak yang berpangkalan di SMKN Bali Mandara, SMAN Bali Mandara, SMKN 1 Kubutambahan dan SMAN 1 Kubutambahan, mengajak juga regu penggalang SDN 8 Kubutambahan bergerak ke tiga titik kegiatan peduli lingkungan untuk membersihkan lingkungan sekitarnya.

Dalam kesempatan itu pula diserahkan 25 paket sembako kepada KK miskin yang ada di seputaran SMKN Bali Mandara sebagai wujud kepedulian sesama. Sembako yang disumbangkan itu pun sebelumnya dikumpulkan oleh seluruh peserta secara sukarela.

Sementara itu seluruh peserta peringatan hari bapak pramuka juga dibekali dengan pelatihan sebagai anggota pramuka siaga bencana. Seluruh anggota pramuka ini dibentuk menjadi relawan bencana yang siap diterjunkan kapan saja dan dimana saja. Mereka pun dibekali berbagai teknis dan pengetahuan kesiagaan bencana oleh 14 narasumber anggota Satuan Tugas (Satgas) Pramuka Peduli Kwarda Bali. Mulai dari materi alat pelindung diri, evakuasi bencana, hingga praktik dan simulasi penanganan bencana dan kebakaran.

Hari pertama diisi dengan pembekalan materi mengenai  manajemen bencana,APD (Alat Pelindung Diri), evakuasi bencana (gempa bumi dan kebakaran), manajemen dasar-dasar api dan kebijakan pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana serta sosialisasi HBK tahun 2019.

Salah satu narasumber, Rudi Tjandi, menjelaskan materi pelatihan yang sangat padat diberikan kepada peserta untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sebagai relawan pramuka peduli. “Sebagai anggota pramuka peduli, saya berharap mereka dapat menerapkan ilmu ini dalam kehidupan sehari- hari, khususnya saat menghadapi bencana, di samping untuk mempersiapkan diri memperingati hari kesiapsiagaan bencana tanggal 26 April mendatang,” jelas dia. *k23

Komentar