nusabali

Klungkung Kurangi Jumlah Atlet

  • www.nusabali.com-klungkung-kurangi-jumlah-atlet

Sampai saat ini jumlahnya masih di bawah dari Porprov sebelumnya. Hal itu karena Klungkung mengedepankan pemilihan atlet yang lebih selektif. Proses seleksi di masing-masing cabor sangat ketat.

Geliat Porprov Bali 2019 di Tabanan


SEMARAPURA, NusaBali
Jumlah anggota kontingen Kabupaten Klungkung diprediksi bakal berkurang pada Porprov Bali 2019 di Tabanan. Pasalnya, KONI Klungkung akan lebih selektif dalam mengirim atletnya,  

Bila sebelumnya sekitar 400 atlet di Porprov 2017 di Gianyar, namun sampai saat ini jumlah sementara atlet Porprov dari Gumi Srombotan itu mencapai 360 atlet di Tabanan nanti. Padahal Klungkung sebelumnya sukses meningkatkan prestasi dan bercokol diperingkat lima klasemen akhir.

"Kalau dari segi jumlah memang menurun, meski itu belum pasti. Sebab, masih ada sistem promosi dan degradasi. Bisa saja berkembang jumlah atletnya jelang penentuan definitif nantinya," ucap Ketua Umum KONI Kabupaten Klungkung, Wayan Yanik Subamia di Klungkung, Minggu (14/4).

Hanya saja dia mengakui sampai saat ini jumlahnya masih dibawah dari Porprov sebelumnya. Hal itu karena Klungkung mengedepankan pemilihan atlet yang lebih selektif. Yakni, proses seleksi di masing-masing cabor berlangsung ketat.

"Ini inovasi kami, karena ingin mensuport lebih besar lagi bagi atlet yang memiliki kans untuk berprestasi di ajang Porprov," tegas Yanik Subamia.

Selektif itu dilakukan sebagai wujud evaluasi dari Porprov di Gianyar. Dengan mempertajam analisis di tiap-tiap nomor dan cabor. Soal sebesarap besar peluangnya dalam meraih medali.

"Intinya kami ingin jumlah atlet kecil, tapi lebih berprestasi," harap Yanik Subamia.

Sebab, kalau Porprov di Tabanan semua atletnya akan nginap di gumi lumbung beras. Sedangkan saat Porprov di Gianyar, dari jarak tempuh cukup mudah dijangkau. Sehingga ada pilih bolak-balik ke Klungkung waktu itu. Dan, memang memungkinkan melakukan itu semua.

Sementara saat Porprov di Tabanan nanti, kita atlet harus fokus berada di Tabanan sampai pertandingan selesai dihelat di masing-masing cabor. "Yang jelas jumlah pasti kontingen kami saat entry by name nanti," tandas Yanik Subamia.

Subamia berharap atlet yang diterjunkan nantinya memiliki rasa tanggungjawab. Tanggungjawab dalam mencapai prestasi sesuai target sebelumnya. Sebab, Klungkung ada harapan meningkatkan prestasi akhir secara umum. Saat Porprov di Gianyar, Klungkung meraih 20 emas, 45 perak dan 46 perunggu dan bercokol di papan tengah Porprov.

"Sekecil apapun peluang di Tabanan nanti harus kita maksimalkan dengan baik. Dan, saya harap kembali ada kejuatan di cabor lainnya dalam meraih medali emas," harap Yanik Subamia.

Klungkung memberikan kejutan di Porprov Gianyar dengan keluar sebagai juara umum di cabor tenis meja. Padahal itu diluar dugaan awal. Sebab, selama event Porprov khusus di tenis meja meja selalu langganan milik Badung, Buleleng dan Denpasar. *dek

Komentar