nusabali

Hujan Deras, Kamar Mandi dan Dapur Ambles

  • www.nusabali.com-hujan-deras-kamar-mandi-dan-dapur-ambles

Senderan jebol membuat kamar mandi dan dapur ambles, hingga menimpa dua rumah yang posisinya ada di bawah di Banjar Abianluang, Desa/Kecamatan Baturiti, Tabanan.

TABANAN, NusaBali

Hujan deras mengguyur Tabanan membuat senderan bangunan dak milik I Nyoman Sudarsana di Banjar Abianluang, Desa/Kecamatan Baturiti, Tabanan jebol pada Sabtu (13/4) sekitar pukul 18.00 Wita. Senderan jebol hingga membuat dapur dan kamar mandi ikut ambles dan menimpa senderan rumah milik I Wayan Sueca dan pilar rumah milik I Putu Eka Naraya Saputra yang ada di bawah. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Perbekel Baturiti I Ketut Matra, menerangkan peristiwa bangunan ambles terjadi pada Sabtu sore karena daerah Baturiti dilanda hujan deras sejak pagi. Senderan bangunan dak milik Nyoman Sudarsana sepanjang 12 meter dan tinggi 7 meter jebol ke barat menimpa dua rumah warga. “Akibat senderan itu jebol, kamar mandi dan dapur Pak Sudarsana ikut ambles,” ungkapnya, Minggu (14/4).

Dengan amblesnya bangunan tersebut, dua rumah warga yang ada di bawahnya ikut kena imbas. Senderan rumah milik Wayan Sueca sepanjang 8 meter dan tinggi 7 meter ambruk, dan pilar rumah Putu Eka Naraya Saputra patah. “Bangunan milik dua warga yang kena ini ada di bagian barat, dak jebol ke barat,” ucap Matra.

Matra menambahkan warga beserta aparat kepolisian dan TNI bergotong royong mengantisipasi longsor susulan jika hujan turun. “Kami sudah gotong royong antisipasi longsor, padahal bangunan dak ini baru dibangun lima bulan lalu, kemungkinan karena tanah labil disertai dengan hujan deras,” bebernya.

Atas peristiwa tersebut, Matra akan membuat laporan ke BPBD Tabanan pada Senin (15/4) hari ini. Sementara laporan awal sudah dilaporkan ke camat. “Besok (hari ini) kami akan buatkan laporan dibawa ke BPBD,” tegas Matra.

Sementara itu, tembok panyengker SDN 1 Pesagi juga ambruk akibat hujan deras yang terjadi pada Jumat (12/4). Tembok panyengker roboh sepanjang 15 meter tutup jalan menuju arah Banjar Pegubugan Kangin, Desa Pesagi, Kecamatan Penebel, Tabanan.

Perbekel Desa Pesagi I Made Sudana mengatakan tembok SDN 1 Pesagi ambruk terjadi pada Jumat (12/4) sekitar pukul 15.00 Wita. Saat itu Desa Pesagi sedang diguyur hujan deras. “Yang ambruk tembok bagian selatan sepanjang 15 meter,” ungkapnya.

Dengan kejadian itu jalan penghubung Banjar Pesagi – Banjar Pegubugan Kangin tertutup material. Namun krama adat Pesagi telah melakukan gotong royong pada Sabtu pagi. “Sekarang (Minggu kemarin) jalan sudah bisa dilewati. Atas ambruknya tembok ini saya akan telepon BPBD Tabanan agar bisa segera ditindaklanjuti,” tutur Sudana. *des

Komentar