nusabali

Gerakan Membaca Sejuta Bhagawad Gita di Besakih

  • www.nusabali.com-gerakan-membaca-sejuta-bhagawad-gita-di-besakih

Gerakan Membaca Sejuta Kitab Suci Bhagawad Gita dikemas dalam acara Dharma Santhi Nyepi Tahun Saka 1941 dan Swasti Puja di Pura Kiduling Kreteg Besakih, Banjar Kiduling Kreteg, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Sukra Paing Ugu, Jumat (12/4).

AMLAPURA, NusaBali

Swasti Puja dikoordinasikan Pembina Yayasan Dharma Sthapanam Prabu Darmayasa, Ketua Panitia Gerakan Sejuta Bhagawad Gita Letjen TNI Purnawirawan I Wayan Midio, dan pembina Laksamana Pertama TNI Dr I Wayan Warka.

Gerakan Membaca Sejuta Bhagawad Gita diawali dengan persembahyangan bersama sehubungan nyineb di Pura Kiduling Kreteg Besakih yang dipuput Ida Pedanda Gede Pasuruan dari Geria Kawan, Banjar Brahmana, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Karangasem. Selanjutnya di jaba Pura Kiduling Kreteg acara membaca Bhagawad Gita bersama-sama sebanyak 6 sloka yang dipimpin Prabu Darmayasa. Sebanyak 3.000 Bhagawad Gita yang telah dibagikan dibaca bersama dituntun Prabu Darmayasa.

Sebenarnya menurut Prabu Darmayasa, di Bhagawad Gita itu tercantum 18 Bab dan 700 sloka. Diingatkan dari membaca Bhagawad Gita otomatis jadi tahu isi dan pesan-pesan suci yang diamanatkan. Isi dari Bhagawad Gita yang belum dipahami, sebijaknya didiskusikan dengan cendikiawan Hindu yang telah paham. “Bhagawad Gita bukan saja kitab suci bacaan, tetapi dengan membaca isinya akan mendapatkan segalanya tentang kerohanian,” jelas Prabu Darmayasa.

Sementara Letjen TNI Purnawirawan I Wayan Midio dalam dharma wacananya mengingatkan, membaca Bhagawad Gita untuk meningkatkan budaya membaca kitab suci. “Kitab suci kan pedoman dalam melakukan kegiatan keagamaan. Begitu juga kitab suci Weda yang terbagi dua Weda Sruti dan Weda Smerti,” katanya. Khusus untuk amanat dari Bhagawad Gita untuk mengingatkan kepada umat Hindu agar melaksanakan petunjuknya melalui kegiatan yoga yang dikenal dengan catur yoga, beserta penjabarannya.

Kegiatan ini dihadiri Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa, dan pimpinan OPD lainnya. Acara berlanjut di Pura Penataran Agung Besakih, Prabu Darmayasa menyerahkan Bhagawad Gita berbahasa Inggris. Bhagawad Gita berbahasa Inggris itu agar ditempatkan di hotel-hotel sehingga dibaca wisatawan. Sedangkan Ketua PHDI Karangasem, Dr Ni Nengah Rustini mengatakan swasti puja dikemas dengan Gerakan Membaca Sejuta Bhagawad Gita bertujuan untuk doa perdamaian. *k16

Komentar