nusabali

Jampel Sah Jabat Rektor Undiksha 2019-2023

  • www.nusabali.com-jampel-sah-jabat-rektor-undiksha-2019-2023

Dilantik Kemenristekdikti Bersama Dua Pejabat dan Lima Rektor Lain

SINGARAJA, NusaBali

Dr I Nyoman Jampel MPd, akhirnya disahkan kembali sebagai rektor Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja periode 2019-2023. Jampel dilantik langsung oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, Jumat (12/4) di Auditorium Lantai 2 Gedung D Kemenristekdik di Jakarta, bersamaan dengan pelantikan dua pejabat kementerian dan lima rektor lainnya di Indonesia.

Delapan pejabat yang dilantik bersamaan di antaranya Sekretaris Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti, Rektor  Universitas Sebelas Maret (UNS), Rektor Universitas Tanjungpura (Untan), Rektor Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Rektor Insitut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Rektor Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar),  Direktur Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL), dan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V Yogyakarta. Mohamad Nasir, dalam sambutannya  menekankan jabatan adalah amanah yang akan dipertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pejabat yang dilantik kemarin disebutnya akan mengemban tugas yang sangat mulia, untuk berkontribusi dalam pembangunan SDM Indonesia di masa yang akan datang. “Jabatan bukan satu-satunya hal. Oleh karena amanah, laksanakan amanah itu sebaik-baiknya untuk institusi yang Saudara pimpin semuanya,” ucap Nasir.  

Delapan pejabat yang dilantik kemarin diharapkan dapat berfokus pada tata kelola lembaga yang dipimpinnya, selain juga terus berpacu menjadi good university governance di Indonesia.

Sementara itu Nyoman Jampel, pada jabatan kedua ini, sudah menyusun strategi peningkatan jumlah publikasi karya ilmiah dan kualitas riset, menjadi salah satu fokus peningkatan kualitas Undiksha.  Mantan Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) ini mengatakan pasca pelantikan, pihaknya segera merapatkan barisan dengan pimpinan fakultas maupun unit di lingkungan Undiksha. Agenda ini sekaligus untuk menyampaikan visi rektor empat tahun ke depan.

Undiksha empat tahun ke depan dirancangnya menjadi universitas yang unggul berlandaskan Tri Hita Karana melalui internasionalisasi dan trend center university. “Kami sudah bentuk tim percepatan dan hasilnya sangat positif. Jumlah publikasi dan riset meningkat cukup signifikan. Pada periode keduanya, keduanya itu masuk dalam pencananangan reputable international university, tahun 2019-2020,” ujar Jampel.

Selain itu pihaknya juga sedang merancang Undiksha menjadi role model pembelajaran nasional dengan berbagai program penunjangnya.

Yang terpenting setelah sampai di Bali, Rektor yang menjabat kedua kalinya ini langsung akan tancap gas menyusun tim di posisi wakil rektor. “Yang jelas Warek I dan III yang sekarang tidak bisa menjabat lagi, karena faktor usia dan akan kami lakukan penyegaran,” imbuh dia. *k23

loading...

Komentar