nusabali

Dua Pencuri Uang Kepeng Diamankan Warga

  • www.nusabali.com-dua-pencuri-uang-kepeng-diamankan-warga

Kepergok saat Beraksi di Setra Desa Adat Jimbaran, Kuta Selatan

MANGUPURA, NusaBali

Dua orang pria yang belum diketahui identitasnya diamankan oleh warga Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung pada Kamis (11/4) siang. Ditangkapnya kedua pria tersebut karena tertangkap tangan hendak melakukan aksi pencurian uang kepeng di setra (kuburan). Keduanya pun langsung dikeler ke Polsek Kuta Selatan untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Penangkapan terhadap kedua pria ini berawal dari kecurigaan warga yang mendapati mereka sedang berada diarea setra atau kuburan milik Desa Adat Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung pada Kamis siang. Dimana keduanya dengan menggunakan besi dan sabit mengais disela-sela kuburan itu. Nah, karena kejanggalan itu, warga kemudian meneruskan laporan ke Bendesa Adat Jimbaran, I Made Budiartha, untuk ditindaklanjuti. Tak menunggu waktu lama, Bandesa bersama warga langsung turun ke lokasi dan mengamankan keduanya. "Memang kejadian (pencurian, red) itu kemarin siang. Kita mendapatkan laporan dari warga, sehingga ditindaklanjuti dan mengamankan kedua orang pelaku," terang Bendesa Adat Jimbaran, I Made Budiartha, yang dikonfirmasi Jumat (12/4) siang.

Diakuinya, bahwa Setra merupakan suatu tempat yang disakralkan dan disucikan pihaknya di Desa Adat, sebab itu menyangkut pelaksanaan suatu prosesi tentang pulangnya roh manusia kepada penciptanya. Sehingga hal itu harus dihormati adanya. Karena melihat itikad yang tidak baik dari kedua orang pria tersebut, maka kedua pelaku diamankan dan diserahkan kepada kepolisian setempat untuk penyelidikan lebih lanjut. Namun sebelum dikeler ke Mapolsek, kedua pelaku mengaku tinggal di Tabanan dan sengaja datang ke Jimbaran untuk melakukan aksinya karena kawasan itu dinilai aman. "Setelah kita amankan, kita langsung menghubungi petugas kepolisian agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga langsung datang ke TKP dan mengamankan barang bukti beserta kedua pelaku ke Polsek," akunya.

Adapun barang bukti yang turut dibawa ke polsek berupa uang kepeng bolong dan alat seperti sabit dan besi untuk mencongkel. Pihaknya juga mengaku belum mengetahui secara pasti nama kedua pelaku dan motif dari perbuatan mereka, sebab ia belum sempat menanyakan lebih jauh akan hal tersebut. Pihaknya menyerahkan sepenuhnya penanganan tersebut kepada pihak kepolisian. Diduga pelaku sudah beberapa kali melakukan hal serupa ditempat berbeda. "Untuk mencegah hal ini kembali terulang, kita akan lakukan pengawasan lebih kedepannya," ungkapnya

Dikonfirmasi melalui sambungan teleponnya, Kapolsek Kuta Selatan, AKP Doddy Monza belum berhasil menjawab. Pun saat dikirimi pesan singkat whatsapp juga belum membacanya. Begitu juga sebaliknya, Kanit Reskrim Polsek Kuta Selatan, Iptu Muhamad Nurul Yaqin juga belum bisa dihubungi.*dar

Komentar