nusabali

Hoaks, Donasi Sembako Pilpres

  • www.nusabali.com-hoaks-donasi-sembako-pilpres

Pengelola jaringan toko swalayan nasional Alfamart mengadukan beredarnya foto struk belanja Alfamart di sosial media dan WhatsApp yang mengaitkan program donasiku sembako gratis untuk mendukung paslon capres/cawapres tertentu, ke Kementerian Kominfo, karena hal itu dipastikan hoaks.

JAKARTA, NusaBali

"Berita yang tersebar di sosial media tersebut saya jamin tidak benar, karena itu kami sendiri telah melaporkan konten hoaks tersebut melalui surat elektronik kepada Kementerian Kominfo ke [email protected] dan telah ditindaklanjuti," kata Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin, Kamis (11/4).

Solihin menyayangkan berita yang tidak benar tersebut dimanfaatkan oleh sejumlah pihak. "Kami mohon masyarakat tidak ikut menyebarluaskan, karena kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen," katanya.

Menurut dia, program donasi yang dijalankan oleh Alfamart selalu bekerja sama dengan yayasan-yayasan yang kredibel, akuntabel, dan transparan serta memiliki izin resmi dari pemerintah. Program sembako gratis merupakan program dari yayasan Bahrul Maghfiroh Cinta Indonesia (BMCI) periode 1 Januari hingga 31 Maret 2019. Kerja sama Alfamart dengan BMCI berlangsung sejak tahun 2015, menyalurkan sembako gratis pada masyarakat pra sejahtera.

Ia menambahkan, hasil donasi yang didapat dari konsumen, langsung diserahkan kepada pihak yayasan. "Sebagai bentuk transparansi, laporan donasi juga diaudit oleh Kantor Akuntan Publik," ujarnya. *ant

Komentar