nusabali

Kadisdikpora Rangkap Jabatan Korwas

  • www.nusabali.com-kadisdikpora-rangkap-jabatan-korwas

Tugas Korwas memberikan pertimbangan dalam menetapkan angka kredit pengawas.

AMLAPURA, NusaBali

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika, rangkap jabatan sebagai koordinator pengawas (Korwas)) SMP. Rangkap jabatan ini sejak empat Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Disdikpora diberhetikan secara tidak hormat. Satu dari tiga ASN itu adalah Korwas SMP. Aspirasi di bawah menginginkan agar Ida Bagus Nyoman Japa diangkat sebagai Korwas SMP.

Ternyata jabatan Korwas lumayan ‘seksi’, terbukti para pengawas senior banyak memperebutkan posisi ini. Sementara Kadisdikpora Gusti Kartika justru menunda mengeluarkan surat keputusan (SK) Korwas SMP. Meski aspirasi telah bergulir agar mantan Kasek SMPN 2 Amlapura, Ida Bagus Nyoman Japa, diangkat sebagai Korwas SMP, Kadisdikpora tidak terburu-buru keluarkan SK. “Nanti dulu, masih dikaji, memang ada aspirasi seperti itu,” jelasnya, Senin (8/4).

Terpisah, Ida Bagus Nyoman Japa, mengakui banyak teman mendorong dan menginginkannya jadi Korwas SMP. “Penentunya Kadisdikpora. Kalau memang dipercaya, saya siap jadi Korwas SMP,” ungkapnya. Dijelaskan, Korwas punya tugas mengkoordinasikan seluruh kegiatan pengawas, memberikan pertimbangan dalam penetapan angka kredit pengawas, melaporkan kegiatan pengawasan sekolah di seluruh jenjang pendidikan, memimpin rapat antar-pengawas, dan sebagainya. “Sisi positifnya lebih awal tahu tentang acara-acara bidang pendidikan yang berkaitan dengan pengawas, dan sering diundang sebagai narasumber jika ada seminar tentang pendidikan,” katanya. *k16

Komentar