nusabali

Resik Sampah Plastik di Jembrana, Terkumpul 296 Kilogram Sampah

  • www.nusabali.com-resik-sampah-plastik-di-jembrana-terkumpul-296-kilogram-sampah

Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik digelar serentak di 5 lokasi se-Kabupaten Jembrana, Minggu (7/4).

NEGARA, NusaBali
Aksi bersih-bersih sampah plastik yang melibatkan bendesa, masyarakat, pelajar, pegawai BUMD, ASN, TNI/Polri, dan kelompok peduli lingkungan, itu terkumpul sebanyak 296 kilogram sampah plastik.  

Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik di Kabupaten Jembrana dipusatkan di Sungai Ijo Gading. Gerakan yang digelar serentak mulai sekitar pukul 07.00 Wita itu diikuti Bupati Jembrana I Putu Artha, Wakil Bupati I Made Kembang Hartawan, bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD).

Ketua Panitia I Wayan Sudiarta mengatakan, Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik di Jembrana, dilakukan di 5 lokasi. Di antaranya di Pantai Yeh Leh hingga Rest Area Pengeragoan (Kecamatan Pekutatan), Pantai Rambut Siwi  hingga seputaran areal Pura Dang Kahyangan Rambut Siwi (Kecamatan Mendoyo), Pasar Umum Negara termasuk Sungai Ijo Gading (Kecamatan Jembrana dengan Kecamatan Negara), Pasar Melaya (Kecamatan Melaya), dan di Museum Manusia Purba Gilimanuk termasuk seputaran Pantai Gilimanuk (Kecamatan Melaya).

Sementara Bupati Artha mengatakan, Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik bertujuan untuk menunjukkan partisipasi dan kepedulian masyarakat terhadap pengurangan penggunaan plastik sekali pakai. “Gerakan ini untuk menghormati warisan para leluhur mengenai cara dan memelihara, menjaga alam Bali yang bersifat khas, indah, dan metaksu yang dituangkan menjadi nilai-nilai Tri Hita Karana. Kita berharap semua masyarakat Bali sadar untuk mengurangi plastik sekali pakai,” ujarnya.

Hasil bersih-bersih di lima lokasi tersebut terkumpul sebanyak 296,6 kg sampah plastik. Di Pantai Yeh Leh hingga Rest Area Pengeragoan terkumpul sebanyak 202 kg. Di Pantai Rambut Siwi hingga seputaran areal Pura Dang Kahyangan Rambut Siwi terkumpul 35,3 kg. Sementara di Pasar Umum Negara termasuk Sungai Ijo Gading terkumpul 32,6 kg. Di Pasar Melaya terkumpul 15 kg. Di Museum Manusia Purba Gilimanuk termasuk seputaran Pantai Gilimanuk terkumpul 11,7 kg. Setelah ditimbang, sampah plastik tersebut langsung dipres di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Peh, Desa Kaliakah, Kecamatan Negara. *ode

Komentar