nusabali

Perayaan HUT Puputan Klungkung Diharap Inovatif

  • www.nusabali.com-perayaan-hut-puputan-klungkung-diharap-inovatif

Perayaan HUT Puputan Klungkung ke-111 dan HUT Kota Semarapura ke-27 tahun 2019, harus menampilkan kegiatan yang berbeda-beda setiap tahun agar tidak monoton.

SEMARAPURA, NusaBali

Hal ini ditegaskan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, saat menggelar jumpa pers di rumah jabatannya, Minggu (7/4). “Perayaan HUT Puputan Klungkung merupakan kegiatan rutin yang dilakukan, tidak boleh monoton, harus ada inovasi-inovasi yang berbeda-beda dalam setiap perayaan. Agar perayaan ini tetap memiliki nuansa baru pada setiap tahunnya,” ujar Bupati Suwirta. Dalam kesempatan itu  hadir Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta selaku ketua umum, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Klungkung Ida Bagus Anom Adnyana dan Kadiskominfo Wayan Parna.

Lebih lanjut Bupati asal Dusun Ceningan, Nusa Penida ini, menyebut melalui tema yang diangkat “Wartamana Gora Kanta (Aktualisasi Perjuangan Menuju Kegemilangan)”, diharapkan agar masa lalu dapat dijadikan guru untuk ke depannya agar dapat berbuat yang lebih baik lagi.

Kendati menjelang Pemilu, kata Bupati Suwirta, perayaan Puputan ini tidak boleh berhenti hanya karena akan diadakan Pemilu 2019. Karena ia percaya selama proses Pemilu berlangsung masyarakat Klungkung dapat menjaga kedamaian di Kabupaten Klungkung. Sehingga tidak akan mempengaruhi Perayaan HUT Puputan maupun Festival yang akan diadakan pada bulan yang sama.

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta selaku Ketua Panitia Umum HUT Puputan Klungkung ke-111 menyampaikan tema yang diambil dalam memperingati HUT Puputan Klungkung ke-111 dan Hari Ulang Tahun Kota Semarapura ke-27, Wartamana Gora Kanta. Arti tema ini, Wartamana berarti masa lampau, Gora Kanta berarti menjadikan masa lampau sebagai cerminan untuk berbuat lebih baik lagi di masa yang akan datang. “Masa lampau yang dimaksud merupakan perjuangan dan semangat para pahlawan pada hari terjadinya Puputan Klungkung,” ujarnya.

Wabup Kasta menambahkan, pada 18 April akan diadakan hiburan kolaborasi dari kelompok gebyar budaya. Perayaan HUT Puputan akan ditutup pada 28 April dan akan dilanjutkan dengan pembukaan Festival Semarapura pada tanggal yang sama. Dalam Perayaan HUT Puputan dan Kota Semarapura akan diadakan renungan dan ziarah.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Klungkung Ida Bagus Anom Adnyana, selaku ketua panitia menyampaikan dalam memperingati HUT Puputan Klungkung ini, akan diadakan beberapa perlombaan di antaranya lomba teatrikal, lomba tarik tambang, enggrang, terompah panjang, lomba megala-gala dan lainnya. *wan

Komentar