nusabali

Banteng Sepuh Tabanan All Out untuk Jokowi

  • www.nusabali.com-banteng-sepuh-tabanan-all-out-untuk-jokowi

Di Karangasem, Surya Paloh Deklarasi Pemenangan Jokowi-Ma’ruf

TABANAN, NusaBali

Para kader Banteng sepuh di Tabanan siap all out memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin (Capres-Cawapres nomor urut 01 yang diusung PDIP-Golkar-PKB-PPP-NasDem-Hanura-PKPI-Perindo-PSI) dalam tarung Pilpres, 17 April 2019. Puluhan kader sepuh PDIP ini deklarasikan pemenangan Jokowi-Ma’ruf di GOR Yudasena Desa Subamia, Kecamatan Tabanan, Minggu (7/4).

Kader Banteng sepuh yang deklarasi dukung Jokowi-Mar’ruf di Tabanan, Minggu kemarin, antara lain, Made Arimbawa politisi (mantan Ketua DPRD Tabanan 1999-2004 dan Fraksi PDIP DPRD Bali 2004-2009), I Gusti Ngurah Suryanta Putra alias Seno (mantan Ketua Komisi III DPRD Bali 2009-2014), Nyoman Putra Astawa (mantan anggota Komisi II DPRD Bali 2009-2014), I Gusti Ngurah Putra Wirasana (mantan Wakil Bupati Tabanan 2000-2005), I Komang Widi Adnyana (mantan anggota Fraksi PDIP DPRD Bali 1999-2004), dan Nyoman Nada Umbara (tokoh gaek PDIP Tabanan yang dikenal sering mengawal Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri era 1999).

Mereka secara bulat mendukung dan siap memenangkan Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019. Mereka siap mengerahkan segala potensi massa yang dimilikinya. Selain itu, mereka juga akan bergerak menyelesaikan sisa waktu kampanye hingga dukungan Jokowi-Ma’ruf Amin makin menguat saat hari H coblosan Pilpres, 17 April 2019 nanti.

Salah satu Banteng sepuh, Made Arimbawa, menyatakan akan habis-habisan berjuang memenangkan Jokowi-Ma’ruf dengan simpul-simpul massa pendukung yang dimilikinya. “Kami all out untuk Jokowi-Ma’ruf dalam Pilpres 2019 di Kabupaten Tabanan, hingga kemenangan yang ditarget 80 persen bisa terpenuhi,” jelas Arimbawa kepada NusaBali, Minggu kemarin.

Menurut Arimbawa, para Banteng sepuh di Tabanan bersatu dan bulat untuk mengepak sayap dan dukungan politik dari masyarakat buat kemenangan Jokowi- Ma’ruf. Para sukarelawan pun bergerak menggarap simpul basis massa, terutama para pemilih pemula dan masyarakat yang belum punya pilihan.

“Walaupun kami ini Banteng sepuh, namun garapan kami adalah generasi milineal yang mungkin belum punya pilihan. Kalau yang kader Banteng (PDIP) sudah pasti mendukung Jokowi-Ma’ruf,” ujar mantan caleg peraih suara terbanyak se-Bali untuk kursi DPRD Bali dalam Pileg 2004 dengan raihan sekitar 43.000 suara ini.

Sementara, Nyoman Nada Umbara menjelaskan deklrasi dukung dan menangkan Jokowi-Ma’ruf kemarin dilakukan para Banteng sepuh di Tabanan, sebagai bentuk keprihatinan. Masalahnya, menurut Nada Umbara, para caleg PDIP dan tim pemenangan di Tabanan tidak ada yang menyelenggarakan deklrasi Jokowi-Ma’ruf.

"Mereka (para caleg) hanya memikirkan diri sendiri saja, agar bisa meraih suara di Pileg 2019," sindir Nada Umbara di Tabanan, Minggu kemarin. Dengan kondisi tersebut, Nada Umbara bersama Made Arimbawa cs menggelar rapat kecil dan deklarasi menangkan Jokowi-Ma’ruf.

"Kami senior dan kader Banteng Tabanan dengan sadar dan penuh hormat berjuang menangkan Jokowi-Ma’ruf, agar menjadi Presiden-Wakil Presiden dengan cara konstruktif," tegas Nada Umbara.

Nada Umbara menyebutkan, Jokowi-Ma’ruf sudah tembus angka 86 persen di Tabanan. Namun, pihaknya menginginkan Jokowi-Ma’ruf bisa menang dengan dominasi 90 persen suara di Tabanan. "Kita juga sudah melihat kerja nyata Bapak Jokowi, jadi jangan ragu pilih beliau," tegas dedengkot PDIP sejak masih bernama PDI ini.

Untuk memperjuangkan Jokowi-Ma’ruf menang telak di Tabanan, menurut Nada Umbara, pihaknya bersama para Banteng sepuh akan kembali menggelar deklrasi di kediaman Nyoman Gede Putra Astawa di Hotel Tanah Lot Astiti Graha, Tanah Lot, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan. Saat itu, deklarasi akan dihadiri pula anggota Fraksi PDIP DPR RI Dapil Bali I Gusti Agung Rai Wirajaya.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Partai NasDem, Surya Paloh, berkampanye untuk Jokowi-Ma'ruf Amin di Stadion Wikrama Mandala Amlapura, Karangasem, Minggu kemarin. Surya Paloh kampanye bersama Siti Nurbaya, kader NasDem yang kini Menteri Lingkungan Hidup. Bupati Karangasem selaku Ketua NasDem Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri, juga ikut hadir dalam acara Deklarasi Akbar Pemenangan Jokowi-Ma’ruf tersebut.

Dalam kampanye di Amlapura kemarin, Surya Paloh mengatakan NasDem membawa semangat restorasi kembali mengusung Jokowi sebagai Capres. "Maka untuk itu, seperti apa yang diutarakan tadi, kita di provinsi Bali bersama saudara kita dari seluruh wilayah nusantara, telah mengambil satu keputusan tekad bersama mencalonkan Presiden Jokowi sebagai Capres untuk dapat dipilih kembali," tandas Surya Paloh.

Surya Paloh menyebut kinerja Jokowi selama 5 tahun terakhir telah menunjukkan hasil nyata dan bisa dirasakan. Dia yakin jika Jokowi kembali menang, maka kemajuan Indonesia bakal lebih baik lagi.

"Kita berterima kasih kepada Jokowi atas segala jerih payah, usaha-usaha berbagai policy yang telah dijalankan, hingga kita merasakan perubahan yang berarti. Kita memahami tugas yang diembannya belum selesai, masih banyak kebijakan-kebijakan yang tertinggal, perlu direvisi, kita bertekad agar Jokowi kembali menjadi presiden," kata mantan Ketua Dewan Penasihat DPP Golkar era Jusuf Kalla ini. *des,nat

Komentar