nusabali

Bupati Giri Prasta Kukuhkan Forum Komunikasi Perbekel Se-Badung

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-kukuhkan-forum-komunikasi-perbekel-se-badung

Sekaligus Sosialisasi Pengelolaan TPST

MANGUPURA, NusaBali

Bupati I Nyoman Giri Prasta mengumpulkan para perbekel dari 46 desa se-Kabupaten Badung, Jumat (5/4) kemarin di rumah jabatan bupati. Ini dalam rangka pengukuhan Forum Komunikasi Perbekel se-Kabupaten Badung yang dirangkai dengan kegiatan sosialisasi tentang pengelolaan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST).

Dalam sambutannya Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, menyampaikan terima kasih dan ucapan selamat kepada Pengurus Forum Komunikasi Perbekel se-Kabupaten Badung. Dengan kepengurusan yang baru ini diharapkan dapat bersinergi dengan pemerintah di kecamatan dan kabupaten.

Lebih lanjut Bupati Giri Prasta menekankan supaya desa-desa di Badung bisa seperti Desa Punggul yang sudah menjadi desa digital. Terlebih saat ini Dinas Kominfo Badung sudah memasang sarana prasarana internet di masing-masing desa, sehingga sangat mendukung bagi desa lain untuk beralih ke sistem digital.

Perbekel juga dituntut harus melakukan inovasi adektif, sehingga bisa memutuskan sesuatu yang ada di lingkungan desa itu sendiri. Kepada seluruh Perbekel pula dalam pembahasan APBD diharapkan belanja publik harus lebih besar dari pada pembelanjaan aparatur dan program-program yang sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten harus dilanjutkan di masing-masing desa. “Desa harus bisa menunjukan before dan after apa yang sebelum dilakukan dan perubahan yang terjadi setelahnya kemudian disosialisasikan ke masyarakat,” katanya.

Terkait TPST, Bupati menghimbau para Perbekel dalam Anggaran perubahan 2019 desa harus mengeluarkan Perdes (Peraturan Desa) tentang tempat sampah di masing-masing desa dan setiap desa harus memiliki TPST. “Selain itu, nantinya akan dilaksanakan pelatihan-pelatihan tentang pengelolaan sampah itu oleh pemerintah, sehingga TPST ini betul-betul bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” katanya.

Sementara, Ketua Panitia Kadek Sukarma yang juga Perbekel Desa Punggul sekaligus Ketua Forum Komunikasi Perbekel terpilih, menyampaikan atas nama Forum Komunikasi Perbekel Badung mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Badung yang dipimpin Bupati Giri Prasta dan Wabup Suiasa. Dikatakannya, selama masa kepemimpinan Bupati sangat antusias dalam membantu serta mendukung segala kegiatan dan program pembangunan di desa. “Kami dibantu dan didukung sepenuhnya dalam hal ini anggaran untuk mewujudkan dan mengimplementasikan serta melaksanakan segala bidang program pembangunan di desa,” terangnya.

“Dengan dikukuhkannya Forum Komunikasi Perbekel se-Kabupaten Badung kami ingin membuat program serentak seperti arahan Bapak Bupati Badung. Tekait dengan desa digital dan pengolahan TPST kami ingin berjalan dan melangkah bersama-sama untuk menuju Badung yang hebat,” imbuhnya.

Adapun susunan pengurus Forum Komunikasi Perbekel se-Badung, diantaranya sebagai Penasehat adalah Bupati Badung Nyoman Giri Prasta, Wakil Penasehat Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Penanggungjawab Sekda Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa, dan Wakil Penanggungjawab Kepala Dinas Perberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Badung Putu Gede Sridana. Sementara, Ketua Umum Kadek Sukarma, Wakil Ketua I I Made Karyana Yadnya, Wakil Ketua II I Nyoman Artawan, Sekretaris Ida Bagus Bisma Wiratma, Wakil Sekretaris I Nyoman Suarda, Bendahara I Ketut Sudarsana, Wakil Bendahara I Gede Putu Arif Wiratya. *asa

Komentar