nusabali

Seri di Villarreal, Valverde Akui Barca Messidependence

  • www.nusabali.com-seri-di-villarreal-valverde-akui-barca-messidependence

Pelatih Barcelona Ernesto Valverde mengakui timnya sangat bergantung kepada Lionel Messi (Messidependence).

VILLARREAL, Nusa Bali
Hal itu dikatakan Valverder, usai Barca imbang dengan tuan rumah Villarreal, pada laga pekan ke-30 LaLiga, di Estadio de la Ceramica, Rabu (3/4) dinihari WITA.

Velverde tidak menyertakan Messi dalam starting line up Barca saat menghadapi Villarreal. Tampil tanpa Messi, Barca sempat percaya diri setelah unggul dua gol ketika laga baru berjalan 16 menit.

Namun Villarreal mampu bangkit dan menyamakan kedudukan pada menit ke-50. Kondisi itu membuat Valverde memasukkan Messi pada menit ke-61 menggantikan Philippe Coutinho.

Masuknya Messi tak lantas memberikan pengaruh positif bagi Barca. Marc-Andre ter-Stegen memungut dua bola lagi dari gawangnya setelah Messi bermain, hingga Barca tertinggal 2-4.

Namun, keajaiban Messi dimulai jelang laga berakhir. Messi dan Luis Suarez menjadi penyelemat Barca berkat gol yang mereka cetak, hingga kedudukan berakhir 4-4. Hasil itu membuktikan kalau Barca masih sangat bergantung kepada Messi.

Laga tanpa Messi sama saja berarti mengurangi persentase Barca meraih kemenangan. Namun Valverde anggap hasil imbang lawan Villarreal sebuah berkah bagi Barca.

"Saya rasa pertandingan ini menyadarkan kami dan akan banyak membantu tim," kata Valverde.

"Terutama dalam menghadapi komitmen yang kami miliki sekarang. Kita tahu bahwa masih ada banyak pertandingan yang tersisa untuk memenangi  LaLiga Santander. Memenangkan LaLiga akan sulit dan semua tim memiliki pemain bagus."

Ketika ditanya apakah Barcelona bergantung pada Messi, Valverde tidak ragu untuk mengakuinya dan mengatakan bahwa setiap tim di dunia akan melakukannya bila Messi berada di tim mereka.

Namun, Valverde juga menjelaskan bahwa timnya juga dapat bermain tanpa Messi. Dalam 15 menit pertama, tidak ada Messidependence (ketergantungan kepada Messi) tetapi Barca membutuhkannya di 15 menit terakhir bersama.

Pada pertandingan tersebut, bek Gerard Pique diistirahatkan dan pertahanan Barcelona harus menderita dengan memasangkan Clement Lenglet bersama Samuel Umtiti. *

Komentar