nusabali

Jaga Momentum Juara

  • www.nusabali.com-jaga-momentum-juara

Momentum bukanlah kebetulan. Menurut Klopp, sebelum laga timnya berbicara tentang hal itu. Momentum sesuatu yang harus direbut, disimpan dan dimanfaatkan.

Klopp soal Liverpool Atasi Tottenham

LIVERPOOL, Nusa Bali
Pelatih Liverpool Juergen Klopp meyakini kemenangan dramatis timnya atas Tottenham Hotspur memberi dorongan psikologis besar, daripada jika timnya menang dengan skor lebih mencolok. Ya, sekaligus mempertahankan momentum bersaing meraih gelar.

Kemenangan atas Tottenham membawa Liverpool kembali ke puncak klasemen dengan koleksi 79 poin, menggeser Manchester City (77). Namun di atas kertas, City tetap di posisi terdepan karena memiliki satu laga yang belum dijalani.

Ya, Liverpool butuh keberuntungan dan memenangi laga 2-1 berkat gol bunuh diri Toby Alderweireld pada injury time pada laga pekan ke-32 Liga Inggris, di Stadion Anfield, Senin (1/4) dinihari WITA.

"Seratus persen, tentu saja. Jika kami menang 5-0 misalnya, walaupun saya pikir tidak mungkin, bisa saja itu malah mengarahkan kami ke jalan yang salah," kata Klopp, di laman resmi Liverpool.

Klopp menekankan para pemainnya berjuang sangat keras baik di sesi latihan maupun pertandingan untuk meraih hasil terbaik. Klopp pun menilai perburuan gelar juara Liga Inggris musim ini bakal menjadi ajang adu kemauan antara timnya dengan Manchester City.

"Kami tentu saja ingin (juara), dan bukan hanya itu, kami juga perlahan mulai terbiasa dengan situasi, setapak demi setapak" ujar Klopp.

Lebih  jauh Klopp mengatakan momentum bukanlah sebuah kebetulan. Menurutnya, sebelum laga timnya berbicara tentang hal itu. Menurutnya, momentum sesuatu yang harus direbut, disimpan dan dimanfaatkan.

Keunggulan Liverpool berkat gol Roberto Firmino pada menit ke-16 Lalu disamakan Lucas Moura untuk Tottenham pada menit ke-70. Namun, Liverpool terus berjuang meraih kemenangan hingga sundulan Mohamed Salah yang dihalangi Alderweireld malah membuat bola mengecoh kiper Hugo Lloris dan bergulir melewati garis gawang

Kini, Klopp berharap timnya mampu terus menciptakan momentum dalam perburuan gelar juara Liga Inggris. Termasuk, saat mereka  menghadapi Southampton dalam laga selanjutnya. Menurut Klopp,

kandang The Soton bakal jadi tempat yang sulit ditaklukkan. Mereka juga berjuang untuk bertahan di liga.  

Sedangkan bagi Tottenham,  kini harus berjuang agar bertahan di empat besar. Sejak pekan ke-15, mereka konsisten berada di posisi tiga besar EPL. Namun kini Harry Kane dkk tidak menang dalam lima laga terakhir di Liga Inggris secara beruntun.

Mereka belum tergusur dari peringkat ketiga dengan 61 poin. Namun kini tertinggal 18 poin dari Liverpool dan 16 poin dari City. Jumlah poin Tottenham kini juga disamai Manchester United. Tottenham juga berpotensi digusur Arsenal yang punya 60 poin.

Manajer Tottenham Mauricio Pochettino menyebutkan, kini timnya menghadapi 'liga mini' untuk memperebutkan dua posisi yang masih diperebutkan di empat besar. Ia menyadari, posisi Tottenham saat ini mencerminkan kenyataan klubnya.

"Liverpool dan City bertarung untuk gelar juara. Sayang sekali kami tidak mendekati, dan bertarung hanya untuk empat besar, " ujar Pochettino, dilansir ESPN FC. *

Komentar